AI Photography di Kehidupan Sehari-hari

Dulu saya pernah membahas tentang AI, digital assistant dan fungsinya untuk kehidupan sehari-hari. Sudah pernah baca? Kalau belum silahkan dibaca di sini. Pada saat itu saya pikir perkembangan AI akan lebih banyak ke fungsi personal assistant seperti Siri, Google Assistant, Alexa, Bixby dan semacamnya. Tapi ternyata perkembangan AI lebih dari sekedar personal assistant. Saya menyadari ini ketika mendatangi launching OPPO F7 yang videonya bisa dilihat di sini

Apa yang saya sadari? Bahwa AI pada smartphone berkembang ke arah yang lebih spesifik dan bukan hanya fungsi personal assistant secara general. Di OPPO F7 ini OPPO memperkenalkan fitur AI Photography. Makhluk apalagi sih AI Photography ini? Simple-nya AI Photography adalah kecerdasan buatan yang mampu belajar sendiri dan membantu kita dalam meningkatkan hasil foto yang kita ambil agar dapat menjadi lebih baik. Bagaimana cara AI Photography ini bekerja? Ada 3 macam fungsi yang menurut saya cukup penting dalam memanfaatkan AI Photography ini.

Yang pertama adalah Smart scene recognition. AI dapat membantu mengatur setting seperti aperture, white balance, ISO dari kamera dan secara otomatis akan menyesuaikan serta mengenali keadaan di sekitar kamu. Suka foto makanan? OOTD? Atau binatang? AI akan mengenal objek tersebut secara otomatis dan akan meningkatkan kualitas foto kamu.

Yang kedua adalah bokeh mode. Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “mengaburkan“. Dalam fotografi, secara teknis bermakna “blur” alias tidak jelas yang dihasilkan dari keterbatasan lensa kamera dimana cahaya yang masuk menjadi “out of focus” alias tidak terfokus. Belakangan ini tren bokeh mulai menjamur di dunia smartphone photography karena mulai banyaknya smartphone dengan dual camera. tapi apakah harus punya dual camera untuk bisa foto bokeh? ternyata tidak. Smartphone dengan satu kamera seperti Google Pixel 2 / XL dan OPPO F7 juga bisa menghasilkan foto bokeh dengan bantuan AI. Peran AI adalah membedakan mana foreground dan background dalam sebuah foto dengan dukungan machine learning sehingga dapat menghasilkan foto bokeh hanya dengan satu kamera saja.

Yang ketiga adalah meningkatkan hasil foto beautify dengan AI. Buat yang suka cewek-cewek yang hobi selfie fitur beautify ini cukup familiar. Tapi gimana dengan kita para cowok? Kalau pernah mencoba fitur beautify ini kadang malah terlihat tidak natural dan kurang pas buat cowok. Nah, dengan bantuan AI fitur Beautify ini dapat mendeteksi yang mana cewek dan mana cowok sehingga tingkat kemulusan filter yang dihasilkan akan berbeda antara keduanya.

Di atas kira-kira adalah keuntungan atau manfaat AI dalam fotografi untuk kehidupan harian kita. Dan yang perlu diingat ini hanya baru permulaannya saja, AI menurut saya adalah the next big thing in tech industry dan masih banyak hal yang dapat dikembangkan dari AI dan Machine Learning ini selain untuk fotografi. Saya udah kebayang AI smart home, AI otomotif, AI drones dan bahkan bukan gak mungkin AI..Girlfriend / wife? bagaimana menurut kalian? Bakal sebesar apakah AI ini di masa depan? Tulis di kolom komentar ya!

 

Btw, apakah Artificial Intelligence juga Membuat Prosesor Lebih Cepat? video bisa dilihat di sini

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *