TrueCaller: Bikin Gak Penasaran Lagi.

TrueCaller: Bikin Gak Penasaran Lagi.

Guys, pernah gak sih kalian keganggu dengan telepon dan SMS dari nomor yang gak dikenal?

Nomor ga dikenal bisa bermacam-macam. Bisa memang salah sambung, atau mungkin saja driver ojek online yang kalian pesan datang menjemput atau mau mengantar pesanan makanan. Tapi paling sering adalah telepon dari telemarketing yang menawarkan jasa kartu kredit, asuransi dan yang semacamnya. Saya cukup sering dapet telepon dari nomor gak dikenal dan jujur saha, lumayan menggangu! Cukup heran sebenarnya dengan cara telemarketing berjualan. Apakah cara seperti itu masih efektif? C’mon.. this is 2018!

Kenapa menurut saya cara seperti itu tidak efektif? Karena menurut saya telepon adalah bentuk komunikasi yang cukup personal. Dan saya cukup yakin begitu juga dengan kalian. Saya membatasi penggunaan telepon hanya untuk keluarga, orang-orang terdekat, kerjaan atau kebutuhan yang sangat urgent sekali. Lain dari itu masih banyak cara berkomunikasi seperti sms, e-mail atau aplikasi chat seperti Whatsapp atau Line misalnya.

Tapi di sisi lain kadang takut juga nomor tidak dikenal yang menelepon kita adalah memang hal yang serius atau darurat dan bukan telemarketing atau spamcall. Tapi tidak terangkat karena kita udah berasumsi yang bukan-bukan. Bagaimana cara membedakannya ya?

Well, sekarang gak perlu terlalu khawatir lagi karena ada aplikasi yang namanya Truecaller!

Wait, apa itu Truecaller?

Truecaller adalah aplikasi yang dapat mendeteksi caller ID, contact blocking, SMS spam blocking dan juga berfungsi sebagai dialer. Aplikasi ini dibuat oleh True Software Scandinavia AB yang didirikan oleh Alan Mamedi dan Nami Zarringhalam dan pertama kali dirilis pada tahun 2009. Tersedia untuk iOS dan Android. Saya cukup tertarik dan mencoba versi Androidnya, bagaimana cara kerjanya? Truecaller akan mendeteksi telepon dan sms dari nomor yang tidak dikenal dengan cara mengumpulkan data dari pengguna Truecaller yang me-report nomor telepon yang tidak dikenal dari 100 juta pengguna dari seluruh dunia. Kalau diibaratkan semacam crowdsourcing buku telepon dari seluruh dunia. Keren kan?

Aplikasi Truecaller terlihat cukup simpel dari segi UI dengan kombinasi warna putih biru untuk default-nya tapi bisa diganti themesnya sesuai keinginan. Terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu message, calls dan contact, Mari kita bahas satu persatu. Kolom message kurang lebih mirip dengan aplikasi message bawaan di Android tapi perbedaannya adalah di Truecaller terdapat dua kolom yang memisahkan kolom inbox dan spam sehingga memudahkan user untuk memilah mana SMS yang perlu dibaca dan penting atau tidak perlu dibaca karena berisi spam. Kolom calls berisi bar Truecaller search yang berada di bagian paling atas, di bawahnya terdapat fitur pin contacts yang dapat membuat pin contact yang penting hingga 5 nomor dan list telepon keluar masuk di smartphone kita. Bedanya Trucaller langsung mendeteksi nomor tak dikenal dan otomatis memberi nama sesuai dengan data yg sudah ada di database mereka dan melabeli dengan tanda true berwarna biru. Truecaller juga langsung mendeteksi nomor yang sering melakukan spam dan melabelinya dengan warna merah. Dan yang terakhir adalah kolom contacts yang berisi contact dan list block contact yang sudah kita pilih.

Kemudian bagaimana dengan fungsi utamanya yaitu mem-blok nomor yang tidak diinginkan? saya mencoba fitur ini dengan cara memblok nomor telepon saya yang lain untuk percobaan. Dan hasilnya sesuai ekspektasi. Aplikasi Trucaller membantu memblok nomor yang tidak kita inginkan dengan sangat baik. Seakan-akan telepon tidak dapat diangkat karena sedang berada di luar jangkauan bukan seperti sengaja tidak diangkat.

Dari semua kelebihan diatas yang sudh dijelaskan. bagaimana dengan minusnya? tentu tetap ada. Beberapa nomor yang sebenarnya bukan spam tapi kadang terdeteksi sebagai spam. Biasanya sms activation code yang dikirimkan dari aplikasi seperti iflix, whatsapp dan semacamnya. Tapi ini minor bug menurut saya dan semoga ada update nantinya untuk menyelesaikan masalah ini.

Overall Aplikasi Truecaller ini menjalankan fungsinya dengan baik dan juga memiliki fungsi-fungsi tambahan yang tidak kalah pentingnya. Dan memudahkan kita sebagai pengguna untuk mendeteksi telepon atau sms yang bermuatan spam atau bukan. Yang mungkin harus diperhatikan adalah beberapa aplikasi, seperti beberapa internet banking, tidak memperbolehkan menggunakan aplikasi messaging 3rd party seperti TrueCaller ini. Selain itu, TrueCaller does it jobs.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *