Mencari Berita Berintegritas dan Bebas Hoaks di Aplikasi Kompas.id

Mencari Berita Berintegritas dan Bebas Hoaks di Aplikasi Kompas.id

Baca berita sesuai kebutuhan kita di Kompas.id
Seperti yang telah kita ketahui bersama, teknologi adalah pedang bermata dua. Satu matanya membuka peluang untuk lahirnya kemajuan, satu mata lagi mengantarkan kemunduran. Di sini saya berbicara tentang beratnya industri media cetak saat ini. Penggunaan smartphone, tablet, hingga apapun yang berlayar, semakin naik jumlahnya hingga menyakiti apapun yang dicetak. Dulu, membaca koran di teras, di pagi hari, ditemani sarapan atau kopi panas, menjadi ritual untuk mayoritas orang di Indonesia. Dan mayoritas dari mayoritas itu, saya yakin membaca Kompas! Lalu bagaimana jika koran mayoritas itu, menghadapi perubahan ini?

They go digital, of course!

Kompas.id adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Harian Kompas. Ya, betul, Koran Kompas yang kini melebarkan sayapnya berbasis digital. Sebenarnya ini bukan kali pertama Kompas masuk dunia digital (kompas.com). Tapi aplikasi Kompas.id ini memang sesuatu yang beda.
Saya termasuk yang mengakui kredibilitas Kompas yang selalu mengedepankan kedalaman dan integritas beritanya. Seiring mengikuti perubahan pola konsumsi masyarakat Indonesia, Kompas.id berada di tengah banyaknya tetangga yang sudah lebih dulu mengeluarkan berita-berita lewat platform digital.

Dimulai dengan mendownload aplikasinya dari PlayStore ke smartphone Android saya, namun juga bisa didapatkan di Apple Store. Aplikasi yang gratis, dengan pilihan untuk PayWall dan cukup ringan ini memiliki tampilan yang sederhana, namun berkelas, dengan warna khas Kompas. Untuk flow aplikasinya sendiri memang terbilang seperti platform lain yang sudah lebih dulu beredar.

Aplikasi Kompas.id memiliki beberapa fitur yang diutamakan yakni, ePaper, Bookmark “Baca Nanti” dan “Pilihanku”. Yang menarik lagi, adanya fitur untuk Rekomendasi, yang berisi isu penting pilihan Redaksi. Asyiknya lagi beritanya pun bisa kita kurasi sendiri sesuai keinginan dengan fitur “Pilihanku”. Contoh saya, menyukai rubrik di halaman koran seperti Olahraga, Video, Fotografi, Politik & Hukum, Ekonomi, hingga Opini, nah nanti yang keluar di aplikasi Kompas.id adalah berita-berita yang telah dikategorikan berdasarkan ketertarikan saya. “Ah, senangnya bisa membaca berita sesuai dengan kebutuhan.”

Bila mungkin itu tidak cukup untuk menikmati aplikasi Kompas.id seperti saya, mungkin Anda lebih suka layout koran yang memang sudah terbiasa di mata, aplikasi ini sudah menyediakan ePaper-nya. ePaper ini menyediakan berita seperti layaknya ada di koran cetak, cara penulisan dan berita yang ada bedanya dengan yang di aplikasi. Untuk berlangganan, lengkapnya bisa dilihat di sini

Oke, saya mengerti kok, bahwa aplikasi News Digital memang sudah banyak sekali di Indonesia. Kurang lebih setiap aplikasi akan memberikan fitur-fitur yang sama, hanya saja kembali kepada kedalaman beritanya. Kompas.id sudah pasti terpercaya dan yang lebih penting lagi, jauh dari clickbait, apalagi HOAKS. Pengalaman saya dengan hoaks? Well, mungkin bisa dilihat di sini. Saya percaya kredibilitas & integritas yang Kompas bangun selama ini bukan hal yang dipandang sebelah mata. Oleh karena alasan itu, Kompas.id layak diberi kesempatan. Terima kasih ke saya nanti bila akhirnya kamu bergantung ke aplikasi ini sebagai sumber berita karena mungkin saja dari riweuh-nya hoaks di sana, Kompas bisa menjadi arah mata angin berita.

PS. Lihat vlog launchingnya di sini

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *