Coba 1 Lagi Aplikasi Banking, Digibank.

Coba 1 Lagi Aplikasi Banking, Digibank.

Di saat diminta untuk mencoba aplikasi banking yang bukan bank sehari-hari yang kita gunakan memang menantang. Apa jadinya bila saya sudah menaruh semua atau sebagian besar uang saya di suatu bank, sebut saja bank A, dan harus memindahkan sebagian hanya demi mencoba aplikasi yang dibuat oleh bank B? Awalnya saya pikir seperti itu, tapi ternyata tidak. Karena dengan mendaftar melalui program member get member, kita bisa mendapatkan saldo awal Rp. 50,000,-.

So. here goes.

Digibank adalah aplikasi perbankan yang dibuat oleh DBS, bank asal Singapura yang baru saja mengakuisisi bank ANZ. Bagi saya, banyak fitur yang memungkinkan kita menjadi tergantung kepada aplikasi perbankan, murni karena memudahkan hidup kita. Sebut saja fitur seperti transfer uang, pembayaran tagihan hingga pembelian pulsa hingga uang elektronik. Digibank tentu meiliki semua fitur itu. Di saat saya mengetahui bahwa Digibank mendukung semua fitur tersebut, mungkin memang sudah waktunya kita memberinya kesempatan.

Dimulai dengan mendownload aplikasinya dari PlayStore ke smartphone Android saya. Aplikasi yang gratis dan cukup ringan ini memiliki tampilan dengan warna khas DBS, kuning dan merah. Beruntung saya jarang menggunakan aplikasi DHL sehingga terhindar dari kemungkinan tertukar. Mirip memang, mengirim uang dengan mengirim barang.

Yang seru adalah proses pendaftarannya. DBS sepertinya mengejar keamaanan pendataan nasabah dengan mewajibkan nasabah memiliki e-KTP dikarenakan chipset yang ada di dalamnya. Nah, polemiknya adalah kasus e-KTP yang sedang menimpa negara kita. Beberapa orang di Indonesia yang masih menggunakan KTP lama, tertunda sampai entah kapan di saat dia ingin mengubahnya jadi e-KTP. Datang ke kelurahan, yang didapat hanya Suket, atau Surat Keterangan dikarenakan blanko e-KTPnya belum tersedia hingga saat tulisan ini diterbitkan. Lalu bagaimana caranya? Di saat mendaftar, kita akan didatangi oleh petugas DBS untuk dibantu. Ini kita bisa janjian, ketemuan di coffee shop favorit lah, tanpa mengantri di banknya tentunya. Melalui verifikasi tatap muka, ini sepertinya masih memungkinkan. So, kudos for the effort to put security above all else.

Kembali ke aplikasinya. Setelah mencobanya dengan memindahkan sebagian uang saya ke akun baru DBS, yang pertama kali saya coba adalah mengisi GoPay. Kenapa? Well, promo, jelas! Di masa promo ini, setiap pengisian GoPay akan mendapatkan cashback. Not bad. Tapi selain promo, terlihat mudah sekali melakukan pengisian hanya dengan menggunakan 1 password, tanpa token, tanpa 2 pin / password yang berbeda seperti aplikasi bank sebelumnya yang saya gunakan. Password yang sama di saat login, ditanyakan kembali untuk konfirmasi transaksi. Pengulangan ini masih saya anggap aman, dan masih dalam tahap tidak begitu merepotkan.

Yang menarik lagi adanya fitur untuk berdeposito langsung dari aplikasi tanpa adanya mengisi formulir. Bunga depositu pun langsung diperhitungkan oleh aplikasi tersebut. Tapi ya kembali lagi, ini deposito ya.. Jangan berharap banyak dari bunganya. But, to have that ability, it’s always a plus point. Kita tunggu bila berinvestasi sambil berasuransi bisa dilakukan dari aplikasi.

Aplikasi perbankan memang sedang marak sekali di Indonesia. Kurang lebih setiap aplikasi akan memberikan fitur-fitur yang sama yang saya sebut sebelumnya. Digibank memenuhi syarat dan yang lebih penting lagi, tetap aman. (Sejauh ini sih belum ada kasus kebobolan yaa..). Beberapa alasan extra untuk memilih Digibank adalah mungkin promo-promo yang ada, UI & UX yang pas dan mungkin sokongan bank yang sungguh kuat dan terpercaya.

Expect more from this app. I’ll be watching you, Digibank

PS. Coffee shops yang menjadi partner promo DBS ini cukup hipster. Sebut saja St. Ali, Kozy, Common Grounds, Sensory Lab, dll. Lihat lengkapnya di webnya deh.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *