SOUL ST-XS: Dimulainya era True Wireless!

SOUL ST-XS: Dimulainya era True Wireless!

Trend Smartphone saat ini sudah mulai mengarah ke serba wireless. Bukan lagi jadi sebuah pilihan tapi jadi sebuah keharusan. Salah satu contohnya adalah jack audio 3.5 mm yang sudah banyak dihilangkan di smartphone flagship 2017 seperti iPhone 8, iPhone X dan Google Pixel 2. Membuat saya berpikir sudah saatnya untuk mulai ber-“investasi” dengan memiliki wireless earphone yang bagus.

 

Setelah mempelajari beberapa saat ternyata ada 2 tipe wireless earphone yang beredar saat ini. Mereka adalah wireless earphone biasa dan true wireless earphone. Apa bedanya? wireless earphone biasa masih memiliki kabel yang menghubungkan antara earphone kiri dan kanan. Sementara true wireless earphone benar-benar tidak ada kabel yang menghubungkan sama sekali, contoh yang cukup populer adalah Apple Airpods. Ciri-ciri lain dari true wireless earphone adalah biasanya termasuk dengan carrying case yang juga sekaligus berfungsi sebagai charging dock. Saya sudah pernah mencoba beberapa wireless earphone sebelumnya dan sekarang saatnya saya mencoba true wireless earphone.

Kebetulan saya mendapat kesempatan mencoba true wireless earphone dari SOUL Electronics bernama SOUL ST-XS. SOUL electronics sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang innovasi teknologi termasuk high quality audio, noise cancelling dan produk wireless. So, bagaimana dengan SOUL ST-XS ini?

Dari sisi desain SOUL ST-XS ini cukup baik dan simpel, terdiri dari dua buah earpiece yang bentuknya sedikit mengingatkan dengan Samsung gear iconX. Di masing-masing earpiece dilengkapi dengan LED dan tombol yang berfungsi sebagai tombol Answer/End phone call atau play/pause media tergantung aplikasi yang sedang kita gunakan. Tapi yang paling penting SOUL ST-XS ini nyaman dipakai. Masing-masing earpiece hanya berbobot 4 gram, nyaris tidak terasa ketika dipakai. SOUL ST-XS juga memiliki sertifikasi iPX4 rating yang berarti tahan keringat, sehingga aman untuk dipakai dalam berolahraga.

Seperti disebutkan di atas, SOUL ST-XS juga dilengkapi dengan carrying case yang berfungsi juga sebagai charging dock.
Jadi apabila sedang tidak dipakai, kita bisa menyimpan SOUL ST-XS ini di dalam carrying case-nya dan sekaligus mengisi dayanya. Dalam sekali charge dapat bertahan selama 2,5 jam dan casenya dapat me-recharge hingga 4 kali sehingga total SOUL ST-XS dapat bertahan hingga 10 jam per hari. Bagaimana dengan kualitas audionya? So far saya cukup puas dengan audio dari SOUL ST-XS ini. Bukan yang terbaik, tapi sama sekali tidak jelek. Speaker dengan diameter 6mm menghasilkan output audio yang powerful. Untuk penggunaan harian saya yang banyak menggunakan audio di Spotify dan Youtube ini sudah lebih dari cukup.

Tapi, entah kenapa selama saya tes pakai earpiece SOUL ST-XS ini kadang jatuh dari telinga dan tidak terasa saat jatuh. Mungkin karena bobotnya yang ringan. Untuk earphone biasa atau wireless earphone dengan kabel mungkin bukan masalah. Tapi untuk tipe true wireless earphone menurut saya ini bisa menjadi masalah besar, resikonya adalah kemungkinan besar mudah sekali hilang. Nah, untungnya SOUL ST-XS menyediakan earbud pengganti, yang kita sendiri bisa sesuaikan dengan ukuran lubang telinga kita.

 

Secara keseluruhan, pengalaman menggunakan SOUL ST-XS cukup memuaskan. Dengan pilihan true wireless earphone yang masih sedikit jenisnya, SOUL ST-XS bisa menjadi alternatif dari pilihan true wireless earphone yang ada. Apalagi mengingat harganya yang memiliki selisih US$ 60 dari kompetitornya yaitu Apple Airpods yang dijual seharga US$ 160. SOUL ST-XS dijual hanya seharga US$ 100. Ini menjadikan SOUL ST-XS salah satu true wireless earphone paling murah yang sudah beredar.

Kesimpulannya? Melihat trend tahun ini bukan tidak mungkin tahun depan atau mungkin 2-3 tahun lagi jack audio 3,5 mm akan hilang sama sekali. Jadi yuk kita siap-siap, era true wireless earphone sudah dimulai!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *