Antara ASUS Zenfone 4 Selfie dan Selfie Pro. Pilih mana?

Antara ASUS Zenfone 4 Selfie dan Selfie Pro. Pilih mana?

Dari begitu banyak Smartphone yang khusus Selfie, ASUS hadir dengan pilihan. ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Pilihan yang sepertinya kalau diterka dari namanya, tampaknya sudah jelas yang Pro akan lebih bagus dan lebih mahal dari yang satunya. Namun, seperti apa detilnya? Semoga tulisan ini bisa menjawabnya.

 

 

Spesifikasi

Secara spesifikasi Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro cukup berbeda signifikan, yang pertama adalah prosesor. Zenfone 4 Selfie menggunakan Snapdragon 430 sementara Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan Snapdragon 625, tentu Snapdragon 625 lebih unggul dari segi performa. Yang kedua dan menurut saya paling mencolok adalah layar. Zenfone 4 selfie menggunakan layar 5.5 inch IPS 720p sementara Zenfone 4 selfie pro menggunakan layar 5.5 inch AMOLED 1080p. Untuk kualitas sepertinya tidak perlu ditanya lagi, jelas Zenfone 4 Selfie Pro yang unggul dengan layar AMOLED-nya. Tingkat kejernihan layar, ketajaman gambar, serta warna yang dihasilkan jauh di atas Zenfone 4 selfie dengan layar IPS. Yang ketiga adalah baterai. Biarpun Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 selfie pro sama-sama menggunakan baterai sebesar 3.000 mAh dan dengan penggunaan normal bisa bertahan hingga satu hari lebih. Tapi Zenfone 4 selfie terasa sedikit lebih irit di penggunan sehari-hari yang Sepertinya karena efek penggunaan spesifikasi yang lebih rendah seperti layar IPS 720p dan Snapdagon 430.

 

Design / Build Quality

Kalau dilihat secara sekilas, tampilan fisik dari kedua smartphone ini cukup mirip, tapi begitu dijejerkan secara langsung baru terasa perbedaannya. Zenfone 4 Selfie Pro lebih kecil secara ukuran dan lebih tipis. Tapi lebih berat bodynya dan lebih solid build quality-nya. Sementara, Zenfone 4 Selfie lebih ringan, tapi sedikit lebih besar / tebal dan build quality-nya lebih terasa “plasticky“. Apalagi yang membedakan dari segi fisik? Ciri-ciri paling jelas adalah letak kamera depan. Zenfone 4 selfie memiliki dua lensa depan di bagian kiri dan kanan sedangkan dua lensa depan Zenfone 4 Selfie Pro berada di bagian kanan. Selain itu, yang cukup mencolok adalah tombol kapasitif back dan recent. Untuk zenfone 4 Selfie tidak memiliki lampu / tidak menyala, sementara di Zenfone 4 selfie pro tombol kapasitifnya menyala. Masing-masing model memiliki 3 varian warna, Zenfone 4 selfie dengan pilihan warna Deepsea Black, Rose Pink, Sunlight Gold dan Zenfone 4 Selfie Pro dengan pilihan warna Deepsea Black, Sunlight Gold dan Rouge Red.

 

 

Software / OS

Dari segi Software, kedua Smartphone ini menggunakan basis Android 7.1.1 Nougat dengan kustomisasi dari Asus bernama ZenUI 4.0. Berbeda dari ZenUI 3.0, kali ini tidak terlalu banyak bloatware dibenamkan di ZenUI 4.0 sehingga menjadikan ZenUI 4.0 ini lebih simpel dan fluid. Saat digunakan terasa sedikit perbedaan performa dari kedua smartphone ini. Zenfone 4 selfie pro terasa lebih cepat dalam membuka apps dibanding Zenfone 4 Selfie. Perbedaan yang cukup mencolok.

 

Kamera

Tentunya fitur unggulan dari duo Zenfone selfie series ini adalah kameranya. Sesuai namanya, kamera depanlah yang menjadi unggulan. Keduanya memiliki 2 kamera depan tapi berbeda spesifikasi. Zenfone 4 Selfie menggunakan konfigurasi 2 kamera 20 MP dan 8 MP. sedangkan Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan konfigurasi Asus DuoPixel camera dengan Sony IMX362 dual pixel image sensor jelas menjadikan kamera depan Zenfone 4 selfie pro jauh lebih unggul. Keduanya menyediakan lensa wide angle 120 derajat untuk mengambil selfie wide-angle atau video. Tapi hanya Zenfone 4 selfie pro yang menyediakan fitur 4K video recording.

 

ASUS Zenfone 4 Selfie | Portrait

 

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro | Portrait

 

ASUS Zenfone Selfie 4 Pro | DuoPixel

 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kedua Zenfone 4 Selfie series ini sangat cocok untuk kalian yang hobi Selfie karena fitur-fiturnya sangat mendukung untuk itu. Pilih mana di antara Zenfone 4 selfie dan Zenfone 4 selfie pro? Kalau saya cenderung memilih Zenfone 4 selfie pro karena fitur-fitur yang ditawarkan lebih baik. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Zenfone 4 Selfie dijual seharga Rp. 3.499.000 dan Zenfone 4 Selfie Pro dijual seharga Rp. 4.999.000 dan bisa didapatkan di eraphone, bhinneka.com atau blibli.com.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *