Membandingkan Kekuatan Baterai OnePlus 5 VS Asus Zenfone 4 Max Pro

Membandingkan Kekuatan Baterai OnePlus 5 VS Asus Zenfone 4 Max Pro

Setelah kemarin saya me-review Asus Zenfone 4 Max Pro dan terkesan dengan kekuatan baterainya muncul ide untuk membandingkan kekuatan batere Zenfone 4 Max Pro ini di keseharian dengan smartphone lain. Namun saya pikir, untuk mendapatkan pandangan orang lain, teman saya, Rangga Sanjaya, tertarik untuk membandingkannya dengan smartphone miliknya, One Plus 5. Pas nih!

 

Rangga adalah seorang tech enthusiast juga yang bisa ditemui di:

Twitter
Instagram
Blog

 

Berikut adalah tulisan Rangga:

 

======

 

 

Sebelum memulainya, disclaimer yang harus diberikan adalah sebagai berikut:

Baterai OnePlus 5 berkapasitas 3.300 mAh dan Asus Zenfone 4 Max Pro berkapasitas 5.000 mAh. Saya akan membawa 2 smartphone ini hingga salah satunya habis baterai dengan kondisi modem bolt terkoneksi ke keduanya. Sudah siap?

 

DAY 1 (6 Oktober 2017)

Bangun pagi langsung cabut Oneplus 5 dan Zenfone 4 Max Pro dari charger kira-kira jam 10 pagi dengan kondisi baterai keduanya di 100%. Langsung berangkat kerja dan beraktivitas seperti biasa, kedua smartphone digunakan untuk akses email, social media (Twitter, Instagram, Facebook) dan Youtube sesekali, serta juga balas chat via whatsapp, line dan keduanya digunakan secara bergantian. Masuk waktu sholat Jumat dan setelahnya dilanjutkan dengan makan siang hingga jam 1:37: Cek baterai kondisi OnePlus 5 di 87% dan Zenfone 4 Max Pro di 95%.

Lanjut kerja lagi. Sementara chat dan social media tetap aktif di kedua smartphone secara bergantian (mostly Twitter dan Instagram) sempat juga digunakan untuk foto-foto beberapa kali dan nonton youtube lagi. Hingga jam 5:44 baru saya teringat untuk cek kondisi baterai lagi dan OnePlus 5 sudah berada di 66% sementara Zenfone 4 Max Pro di 79%. Sudah mulai terlihat perbedaan signifikan dari perbandingan baterai kedua smartphone dalam waktu penggunaan yang sama.

Kemudian pukul 8:08 malam saya cek lagi dengan penggunaan tidak terlalu berat, hanya chat dan social media, kondisi baterai OnePlus 5 di 62% dan Zenfone 4 Max Pro di 77%. Akhirnya selesai aktivitas hari ini dan kembali ke rumah.

Di rumah masih saya gunakan sebelum tidur untuk Youtube dan Twitter hingga terakhir saya cek pada jam 11:47 malam baterai OnePlus 5 di 55% dan Zenfone 4 max pro di 73%.

 

DAY 2 (7 Oktober 2017)

Lanjut di hari kedua. Bangun jam 9:09 pagi dan langsung cek Smartphone yang sengaja ditinggal tidur tanpa di-charge, kondisi OnePlus 5 di 48% dan Zenfone 4 max pro di 68% dengan pengurangan sekitar 5-7%.

Karena hari ini libur dan tidak ada jadwal tertentu sampai sore kita coba menggunakan kedua smartphone tersebut di rumah. Penggunaan tetap condong ke chat, social media dan Youtube. Hingga di jam 11:32 saya cek kembali dan hasilnya Oneplus 5 sisa 42% dan Zenfone 4 max pro sisa 62%.

Sekitar jam 1:30 saya keluar rumah dan membawa serta dua smartphone tersebut. Sampai ke tempat tujuan (Senayan City) sekitar pukul 2:15 dan jalan-jalan sebentar sambil tetap menggunakan kedua smartphone tersebut untuk social media dan chat hingga akhirnya berencana untuk menonton film jam 3:30. Sesaat sebelum memasuki bioskop (pukul 3:24) saya cek kembali kondisi baterai keduanya dan Oneplus 5 berada di posisi 33% dan Zenfone 4 max pro di posisi 56%.

Film selesai sekitar jam 5 sore dan lanjut bertemu dengan teman sekaligus makan malam. Penggunaan kedua smartphone cukup heavy di chat dan Youtube hingga jam 8:03 malam kembali cek penggunaan baterai dan kini posisi OnePlus 5 di 25% dan Zenfone 4 max pro di 49%. Kembali ke rumah dan bersiap untuk tidur sambil sedikit browsing dan twitter-an hingga jam 10:36 malam dengan Oneplus 5 di 14% dan Zenfone 4 max pro di 45%.

 

DAY 3 (8 Oktober 2017)

Hari terakhir sempat terbangun jam 5:26 pagi dan sempat cek kondisi baterai dan OnePlus 5 berada di 5% dan Zenfone 4 max pro di 42%. Tidur lagi dan akhirnya terbangun di jam 8:16 pagi dengan kondisi OnePlus 5 sudah mati dan Zenfone 4 max pro masih berada di 38%. Bisa dilihat perbedaannya nyaris 40%.

 

CONCLUSION

Setelah mencoba sekitar 2 hari full ditemani OnePlus 5 dan Zenfone 4 Max Pro sudah jelas Zenfone 4 Max Pro yang jadi pemenangnya. Tapi disini bukan mencari menang atau kalah karena memang banyak faktor yang berpengaruh seperti cara penggunaan dan spesifikasi yang berbeda sehingga konsumsi daya pun akan berbeda. Yang ingin ditekankan adalah Asus Zenfone 4 Max Pro memiliki kelebihan di daya tahan baterai yang baik. So, buat kalian yang membutuhkan smartphone dengan keunggulan di daya tahan baterai Asus Zenfone 4 Max Pro ini bisa jadi pilihan yang cocok.

 

=======

 

Terima kasih Rangga atas tulisannya. Benar adanya bahwa Zenfone 4 Max Pro ini cocok untuk menjadi powerbank yang bisa digunakan juga sebagai smartphone. Baterai kuat, dan bisa membagikan dayanya ke smartphone lain. Tapi itu saya, silakan bebas berpendapat di kolom komentar di bawah ini. Be Nice.

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment