Memantau Dengan Yi Dome Camera 1080p

Memantau Dengan Yi Dome Camera 1080p

Paranoid:

Of, characterized by, or suffering from the mental condition of paranoia.

Gampangnya, ketakutan!

Bila dijabarkan demikian, mungkin terkesan mengerikan. Tapi tahukah Anda bahwa ada puluhan jenis paranoia mulai dari laba-laba hingga ke badut, ketinggian hingga ruang sempit, kesendirian hingga ketakutan mati.

Untuk pembaca yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, paranoia mungkin membawa banyak dari kita yang membangun pagar tinggi, dengan kawat berduri atau pecahan kaca di atasnya atau memasang teralis di setiap jendela dan pintu. Tidak sedikit juga yang mempekerjakan satpam atau memelihara anjing penjaga atau mungkin soang?. Paranoia akan masuknya seseorang dan mencuri barang kita, menculik anggota keluarga atau menyakiti kita.

Nah, kalau membangun pagar tinggi sedikit di luar anggaran, apalagi mempekerjakan satpam yang membutuhkan anggaran lebih besar lagi setiap bulannya, mungkin CCTV (Closed Circuit TeleVision) bisa menjadi solusi.

Kalau selama ini kita berpikir bahwa pemasangan CCTV itu mahal dan ribet. Mungkin karena kita melihat adegan di film-film bahwa CCTV itu membutuhkan 1 ruang security yang besar, dengan banyak monitor dan tetap harus mempekerjakan satpam. Benar semahal dan seribet itu kah?

Di rumah, kami ada sebagian pagar tinggi dengan adanya pecahan kaca di atasnya, kami juga ada satpam komplek dan kami akhirnya memasang CCTV yang ribet itu. 1 kami pasang di ruang tamu, 1 kami pasang di depan, tempat kami menaruh mobil.

Proses pemasangan waktu itu membutuhkan hampir 1 hari kerja. Banyak bagian yang di-bor, kabel yang masuk dan kebutuhan akan tukang. Server / harddisk ditaruh di kamar utama, supaya kami bisa memantau seluruh rumah dari TV kamar. Kami mempersiapkan untuk 4 channel (4 kamera) yang siapa tahu kami membutuhkannya di kemudian hari. Paranoia memaksa kami melakukan ini. /alasan/

Sedikit kecewa karena ternyata ada keterbatasan dari ISP (Internet Service Provider) kami yang membatasi penggunaan CCTV untuk dipantau secara remote. Salah kami tidak memeriksanya sebelum memasangnya.

Kekecewaan kedua datang di saat kami menyadari bahwa cakram dan jarum hard disk itu berisik! Dan sialnya kami sudah memutuskan untuk menggunakannya di kamar.

Oh well…

Kekecewaan sedikit terobati ketika Yi Technology, perusahaan asal Cina yang mungkin sudah dikenal dengan produksi sebelumnya yaitu Yi Action Camera, menghubungi dan ingin bekerja sama. Rasa penasaran, dan lagi-lagi mungkin Paranoia, langsung mengiyakan. Belum 2 minggu berjalan, barang kiriman langsung dari Shanghai, sampai. Mungkin beberapa dari pembaca yang follow akun Instagram saya, bisa melihat unboxingnya di InstaStories.

Yang saya dapatkan adalah Yi Dome Camera 1080p, yang merupakan versi terbaik yang mereka produksi. Dengan resolusi 1080p (versi sebelumnya hanya 720p), 2 way speaker, motion detector, micro SD slot & 360 panoramic shot, menghasilkan bentuk yang tidak begitu kecil sebenarnya. Tapi dengar dulu…

Hal pertama yang saya kagumi adalah kemudahan installasinya. Kabel yang dibutuhkan hanya 1 saja, yaitu kabel power. Sesudah menginstall aplikasi (bisa di iOS atau Android) dan terhubung ke wifi rumah, wizardnya akan membawa kita menghubungkan dengan wifinya hanya dengan QR code yang dihasilkan oleh aplikasinya.

Hal kedua adalah betapa fungsional aplikasinya. Dari 1 aplikasi kita bisa:

  • Menggerakan kameranya ke segala arah.
  • Zoom in, zoom out, mengambil foto 360
  • Melakukan panggilan! Iya. Bisa untuk telepon!
  • Menyimpan rekaman ke cloud buatan mereka sendiri, Yi Cloud.

Hal terakhir, paling maut, adalah membaginya dengan user Yi Home lain, dalam hal ini, adalah istri saya sendiri. Jadi, di manapun kami berada, asal terhubung dengan internet mumpuni, kami bisa melihat si mbak sedang apa dengan si anak.


Internet mumpuni ini pun bisa disesuaikan dengan resolusi yang kita pilih, SD (Standard Definition) atau HD (High Definition). Kalau kita di koneksi yang kuat, tentu kita mau melihat di format HD dan melakukan zoom in agar lebih jelas. Kalau sedang susi, susah sinyal, tentu akan memilih SD.

Channel berikutnya akan mudah sekali ditambahkan hanya dengan membeli 1-2 unit lagi. Tampaknya 1 ini kurang ya. Saat ini, Yi Dome Camera bisa didapatkan di Tokopedia, Bukalapak, atau ecommerce lainnya. Bisa juga didapatkan di beberapa toko kamera. Coba dipastikan bahwa mereka membeli yang International Version, jangan yang Chinese Version. Periksa juga di packaging-nya atau di kartu garansinya adanya tulisan “Diimport oleh”. Harganya sekitar Rp. 1.200.000,-

Istri selalu berkata, “Better be safe than sorry!” Dan saya adalah suami penurut. Sekian.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  • Saya dari konter pulsa yg menjual kartu data, pulsa, acc dan penjualan paket. Di toko saya banyak pelanggan menanyakan dimana beli cctv portable spt yg saya pakai di toko. Untuk itu sy berencana menjual cctv portable ini di toko saya. Saya mohon bantuannya dimana bisa saya beli dengan harga bagus dan saya bisa jual dengan harga yg sama dg yg di bukalapak atau tokopedia.