Saya, NBA2K, PS4 dan Game Drive

Saya, NBA2K, PS4 dan Game Drive

Menggemari NBA sejak duduk di bangku SD, sekitar 25 tahun lalu, membuktikan antara saya sudah berumur, atau memang cinta dengan liga basket yang sudah ada sejak tahun 1946 ini. Dari bermain basket, menontonnya di TV, mengoleksi kartunya, hingga membeli merchandise sudah menjadi keharusan untuk seorang fans. Yang kurang mungkin hanya menonton pertandingan secara langsung.


Kini, bentuk cinta itu saya kontribusikan dengan (masih) bermain basket bersama #BasketOmOm hingga bermain NBA2K. NBA2K sudah saya mainkan sejak 2K14, yang pertama di PlayStation 4. Berarti sudah 4 tahun! Bila saya bermain 1 jam saja sehari, total mungkin sudah menghabiskan (bisa dibaca: membuang) kira-kira 2 bulan dari 4 tahun terakhir hidup saya. 

Sejak 2K17, tahun 2017, saya tidak pernah lagi membeli game secara fisik. Selalu download. Keputusan ini didukung dengan semakin cepat dan terjangkaunya jaringan internet di Indonesia. Yes, download memang masih tergolong lama buat beberapa orang, tapi untuk saya, mendownload game sekitar 60GB, “cukup” ditinggal tidur 1 malam. Mungkin seperti 15 tahun lalu mendownload 1 lagu dalam format MP3. 

Untuk saya, mendownload, daripada mendownload fisik ada beberapa keuntungan. 

  • Pre Order. Dengan mendownload di PlayStation Store Indonesia, kita bisa membeli game dengan promo spesial khusus preorder. 2K18 contohnya, bila mendownload Legend Edition Gold, kita bisa mendapatkan VC (Virtual Currency) yang lebih dan beberapa pemain yang bisa digunakan di mode My Team nantinya. Pemain yang cukup berguna seperti Shaquille O’Neal dan Dwayne Wade edisi Ruby dan Kyrie Irving edisi Saphire. Yang sayangnya, tidak bisa didapatkan di toko fisik di Indonesia.

  • Early adapter. Untuk mendapatkannya pun, dengan mendownload, bisa lebih dulu didapatkan dibanding fisik. Apalagi saat ini jalur import sedang merah semua. Bila saat ini saya sudah bisa bermain 2K18 dengan nyaman, mungkin yang mau membeli fisik, harus menunggu 2 hari hingga 1 minggu.
  • Recycle. Game yang sudah kita download, bisa dihapus, dan bila kangen ingin memainkannya lagi, bisa di-download lagi tanpa membayarnya lagi. Tidak akan hilang.
  • Save the Earth. Tentunya, bentuk digital juga mengurangi sampah untuk bumi kita ini. Bukan cuma disc-nya, tapi juga box dan kertasnya. 

Tentu kerugiannya juga ada selain waktu dan bandwidth, yaitu space penyimpanan dalam hard disk. Bila hard disk dari suatu PS4 adalah 500GB atau 1Tb dan 1 game kira-kira 50GB, maka akan habis menyimpan 10 – 20 games. Itupun tanpa menghitung media files dan aplikasi yang kita download ke dalam PS4. 

Nah, untuk itu, saya berpaling ke external hard disk. Kemarin ini saya diundang oleh Blibli.com yang bekerja sama dengan Seagate dalam peluncuran Game Drive dan DJI Fly Drive. 

Game Drive adalah Harddisk external edisi PlayStation, dirancang dengan design eksklusif yang cocok untuk PlayStation 4. Hard disk yang berukuran 2 TB ini, terhubung melalui USB, bekerja sebagai tempat penyimpanan, mendownload langsung dari PlayStation Store, termasuk menjalankannya langsung dari Game Drive. Artinya, saat ingin menjalankan suatu game, tidak perlu mengcopy game itu ke hard disk internal dahulu. 


Salah satu keuntungan lain adalah adanya fleksibilitas untuk membawa game-game yang sudah kita download untuk dimainkan di PS4 manapun, dengan syarat adanya koneksi internet dan terotentikasi dengan akun PlayStation kita. 

Play Drive yang hadir dengan warna hitam, sama dengan PS4nya ini dijual eksklusif di blibli.com dengan harga 1.499.000 selama preordernya. 

Di acara itu pula diluncurkan Seagate DJI Fly Drive. Sebuah hard disk external yang dikhususkan untuk drone DJI. Berukuran 2TB dengan slot micro SD dan port USB-C. Berbalut pelindung dari bahan karet, hard disk ini dijual dengan harga 1.799.000.
Bila kamu termasuk yang suka berbelanja online langsung di PlayStation Store seperti saya, maka harddisk eksternal dari SeaGate ini akan cocok menemani. 


Preorder bisa dilakukan mulai hari ini di http://blib.li/seagateprom-blog

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *