MOTO E4: Pilihan Murah Mencoba Android Nougat

MOTO E4: Pilihan Murah Mencoba Android Nougat

Ketika kita berencana untuk membeli smartphone Android dengan kelas entry level, ada satu hal yang ada di kepala kita, murah! Dan biasanya dengan keunggulan harga murah ini kita disuruh untuk memaklumi banyak hal. Seperti kualitas fisik dan teknologi yang (mungkin) tidak ter-update. “ah, namanya juga smartphone murah. Maklum”..

 

Mendapatkan update Android terbaru penting untuk mendapatkan fitur-fitur barunya. Selain itu, penting juga untuk mendapatkan manajemen memori yang lebih baik. Ini mengarah ke sedikit tambahan ruang penyimpanan, kecepatan smartphone tersebut dan tentunya ketahanan baterainya.

 

Ketika kita membeli sebuah smartphone Android, versi OS akan menjadi salah satu pertimbangan penting. Umumnya satu model Smartphone Android memiliki 2 kali Major Update untuk OS. Sebagai contoh Smartphone Android dengan OS Kitkat saat pertama kali diluncurkan, biasanya akan mendapatkan update hingga 2 kali major update, yaitu ke Lollipop dan selanjutnya ke Marshmallow. Tentunya kembali ke kebijakan masing-masing brand. Apalagi, biasanya lagi smartphone flagship lah yang akan mendapatkan update OS lebih dulu. Nasib OS untuk mid-range dan entry level? Seperti menonton Ratapan Anak Tiri. Iya, saya mengerti, referensi yang cukup lawas.

 

 

Lenovo menjawab tantangan di atas dengan Moto E4. Smartphone terbaru Lenovo ini mencoba mendobrak stereotype yang sudah ada tentang Smartphone Android entry level. Kata siapa Android entry level harus banyak maklumnya? Moto E4 hadir dengan body metal, sensor sidik jari dan pre-installed Android Nougat 7.1.1! dengan harga yang tetap terjangkau. Moto E4 dijual seharga Rp.1.888.000,- Dengan harga tersebut, kita akan mendapatkan:

 

Prosessor 1.3GHz quad-core MediaTek MTK6737M
RAM 2 GB
ROM 16 GB
5 inch HD 720×1280 pixels
OS Android 7.1.1 pre-installed
Rear Camera 8 MP
Front Camera 5 MP
Battery 2800 mAh
Dual SIM
Micro SD slot

 

Selain yang sudah disebutkan, apalagi kelebihan Moto E4 ini?

 

Salah satu yang paling saya suka adalah one-button nav. Fitur ini awalnya diimplementasi di Moto G5 dan kemudian Moto Z2 Play. One-button nav sebenarnya adalah sensor sidik jari tapi dengan kemampuan gesture tambahan. Swipe ke kiri di sensornya untuk back dan swipe ke kanan untuk masuk menu multitasking. Awalnya memang cukup terasa canggung, namun lama kelamaan memang nyaman digunakan. Menurut saya fitur ini cukup memudahkan dan dapat menggantikan on-screen navigation button.

 

 

Moto E4 ini sudah kompatibel dengan 4G jadi tentunya sudah pasti lolos TKDN. Terdapat 2 slot SIM card dan satu slot micro SD di bagian belakang. Back cover masih bisa dibuka dan battery 2800 mAh dapat dilepas pasang. Satu hal lagi yang menarik di Moto E4 ini untuk beberapa elemen desain-nya memuat konten tentang Indonesia. Seperti pada boot Animation ada gambar Komodo dan ondel-ondel serta pada koleksi Wallpaper memuat foto-foto pemandangan asli Indonesia seperti Borobudur, kawah ijen dan lain lain.

 

Kamera yang standar dan prosesor MediaTek MTK6737M memang mungkin bagian yang harus dikorbankan demi mempertahankan harga di bawah 2 juta Rupiah.

 

Pengalaman keseluruhan yang saya dapatkan cukup memuaskan. Menurut saya value yang didapatkan lebih daripada harga yang dibayarkan. Moto E4 adalah pilihan termurah untuk kalian yang ingin mencoba Android Nougat dengan budget terbatas! Pertanyaan yang harus ditanyakan, apakah kamu termasuk “banci update” yang mengartikan kebahagiaan adalah bangun pagi, cek smartphone, ada update OS atau apps? Karena saya iya! Kalau kamu juga, silakan beli di sini

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  • Permisi gan mau nanya. Moto E4 ane ga ada pilihan utk ngerekam video di tampilan kameranya. Boleh tau apa Moto E4 agan juga demikian? Makasih sebelumnya