Happy 10th Anniversary, iPhone!

Pada 9 Januari 2007 di acara MacWorld convention, Steve Jobs memperkenalkan sesuatu yang tidak biasa. Awalnya diperkenalkan sebagai “Widescreen iPod with touch control”, “ Revolutionary mobile phone” dan “Internet communicator device” yang ternyata bukanlah 3 device yang berbeda, tapi hanyalah satu device yang diberi nama iPhone. “today iPhone reinvented the Phone” kata Steve Jobs di acara tersebut. iPhone pertama diluncurkan pada 29 juni 2007. Dan setelah 10 tahun, apa sajakah perubahan yang terjadi dengan hadirnya iPhone?

 

Definisi Smartphone

Dulu yang kita kenal dengan Smartphone adalah device dengan keyboard QWERTY dan OS Windows Mobile atau Blackberry dengan kemampuan membaca e-mail dan menjalankan aplikasi office sederhana. Setelah iPhone keluar di 2007 definisi tersebut berubah. Smartphone adalah all-in-one device dengan multi-touch screen dan kemampuan menjalankan aplikasi dari pihak ketiga yang beraneka ragam. Hal itu secara perlahan-lahan “mematikan” kepopuleran device QWERTY (dengan tombol fisik).

 

Mobile Photography

Memang kamera pada smartphone bukan pertama kali hadir di iPhone. Namun penggunaan kamera pada iPhone mengubah landscape pada fotografi mobile. Data di 2010 menyebutkan iPhone 4 sebagai “the most popular camera” di Flickr. Bahkan bisa dibilang keberadaan iPhone secara general yang “membunuh” point and shoot / pocket camera. Kenapa? Secara kualitas mungkin hasil foto di iPhone tetap kalah, tapi ada yang mengatakan “The best camera is the one you have always with you” yup, kamera apa yang setiap hari selalu ada dan selalu kita bawa bersama kita?

 

Aplikasi dan tokonya

App Store ternyata tidak dari awal ada di iPhone. App Store di iPhone baru keluar di update iPhone OS 2.0 tahun 2008 bersamaan dengan launching iPhone 3G, 1 tahun setelah peluncuran iPhone 2G / original. Dengan App Store ini kita dapat meng-install aplikasi yang dibuat oleh 3rd Party developers. Apa yang berubah dengan hadirnya App Store? well, a lot. Kehadiran App Store membuka peluang baru bagi para developer untuk berkarya dan menggunakan kreativitasnya untuk membuat aplikasi yang berbeda-beda. Sebagai contoh, Instagram, Whatsapp atau Path. Atau dari apps lokal Indonesia seperti GO-JEK, Traveloka dan lain-lain. Kalau dibayangkan, mungkin apps-apps terkenal ini tidak akan pernah ada kalau apple tidak membuat konsep App Store dan apps itu sendiri.

 

Android

Tahukah kalian gambar smartphone apa diatas? gambar diatas adalah prototype pertama dari Android dengan codename “sooner”. Setelah iPhone release di tahun 2007 dan melihat desain iPhone untuk pertama kali, tim Android langsung merombak ulang desain dari device Android dan meluncurkan HTC Dream G1 pada tahun 2008. Bisa dilihat influence iPhone untuk Android cukup besar. Hingga setelah beberapa tahun kemudian, Android pun menjadi pesaing berat iPhone bahkan bisa dibilang sudah mengalahkan iPhone dari sisi jumlah penjualan device.

 

Apapun yang sudah iPhone capai dalam 10 tahun ini mungkin ada memiliki sisi baik dan buruk. Bertahun-tahun lamanya saya menggunakan iPhone sebagai daily driver (Smartphone utama) dan baru sejak Samsung S8 diluncurkan saya berusaha menjadikan S8 yang utama. Hingga sampai beberapa hari lalu akhirnysa saya kembali ke iPhone (7+) sebagai daily driver dan S8 sebagai kamera yang lebih baik. Tapi menurut saya pribadi, iPhone adalah pencapaian yang sangat besar bagi Apple dan cukup mengubah dunia teknologi. Tahun ini, bertepatan dengan tahun ke 10, kita akan melihat iPhone ke 12, yaitu iPhone 8! Sabar, Ario, Sabar..

Selamat ulang tahun yang ke 10, iPhone!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *