“Plagiarisme” Design Smartphone

“Plagiarisme” Design Smartphone

Hey! OnePlus mengeluarkan Smartphone baru! Lihat!.. Tunggu, itu iPhone?
Pada 20 Juni 2017 OnePlus merilis Flagship terbarunya yaitu OnePlus 5. Formula yang digunakan sama seperti di OnePlus sebelumnya yaitu spek tinggi dengan harga di bawah kompetitornya. OnePlus 5 menggunakan prosesor Snapdragon 835, storage 128 GB / 8 GB RAM (ada juga varian 64 GB / 6 GB RAM ), baterai 3300 mAh, USB-C dan Dual Camera system dengan harga mulai dari US$ 479. Di atas kertas OnePlus 5 menjadi salah satu smartphone Android dengan spesifikasi tertinggi di tahun 2017 ini.

Tapi bukan itu yang mau kita bahas.

Sudah lihat desain OnePlus 5? Bagaimana menurut kalian? Jujur, menurut saya desainnya tidak jelek. Tapi ada satu hal yang cukup mengganjal secara personal buat saya.

Secara Hardware desain Oneplus 5 mirip dengan iPhone 7 Plus, sangat mirip, bahkan! Di sisi belakangnya peletakan dual camera dan flash bisa dibilang persis. Ditambah dengan antenna bands yang lagi-lagi secara bentuk dan peletakannya juga persis.


Dari sisi software secara OS sudah pasti berbeda, OnePlus 5 menggunakan OxygenOS yang berbasis Android Nougat (terbaru) 7.1.1 sementara iPhone 7 Plus menggunakan iOS 10. Tapi ternyata saya menemukan sedikit kemiripan di UI Camera OxygenOS dengan UI camera di iOS 10.


Kiri: iOS 10 – Kanan: OxygenOS

Bisa dilihat secara layout desain pembagian fiturnya cukup mirip. Bagian bawah utk tombol shutter, gallery dan flip camera sementara bagian atas untuk option tambahan seperti Flash, HDR dan menu-menu lain, hanya saja peletakannya ditukar. Tombol 1X-2X untuk optical zoom juga nyaris sama persis Peletakannya.
Mungkin memang tidak sama persis, tapi berpatokan dengan yang saya jabarkan diatas saya cukup yakin paling tidak OnePlus menggunakan desain iPhone 7 Plus sebagai acuan / referensi desain dan mengaplikasikannya dalam desain OnePlus 5. Dan bukan hanya Oneplus saja, saya melihat beberapa brand smartphone juga melakukan praktek “plagiarisme” ini.


Sebagai contoh, bahkan Apple pernah dituduh plagiat dengan desain iPhone 6 yang dibilang meniru desain HTC M7 dengan desain vertical antenna-nya yang memang cukup ikonik. ada pepatah yang bilang “imitation is the sincerest form of flattery”. 

Kembali ke Oneplus 5, saya tetap menilai OnePlus 5 adalah smartphone yang bagus. Tapi alangkah baiknya apabila desain yang diterapkan lebih original. Nothing new under the sun, I know, tapi bukan berarti tidak ada. Nokia dan Sony menurut saya berhasil dalam menciptakan desain smartphone yang ikonik dan tetap berbeda dari desain smartphone yang lain.

Masalahnya menurut saya adalah apakah “plagiarisme” desain ini adalah hal yang lumrah dan dapat dimaklumi? Dan kira-kira sampai dimanakah batas-batasnya? Dan sampai kapan saya harus meletakkan tanda petik pada kata plagiarisme? Apakah ini benar plagiarisme atau hanya sebuat tuduhan?
Thoughts.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments