Belajar dari Semen SCG | Architect Fair 2017

Masih ingat Vloggario 192 yang membahas mengenai pembelian semen secara online? Kalau lupa, mungkin bisa ditonton lagi, nah kalau ingat, izinkan saya bercerita kelanjutan dari vlog tersebut.

 

Acara itu untuk memenuhi undangan dari SCG dan Blibli.com. Berhubung saya pernah bekerja sama dengan Blibli.com dulu sebagai penulis lepas dan agenda saya mengizinkan untuk datang, maka hadirlah vlog tersebut. Nah, kelanjutan dari hari itu, tampaknya SCG menyukai vlog saya dan akhirnya saya diundang untuk menghadiri Architect Fair 2017 pada tanggal 3 Mei 2017 kemarin yang bertema “Your Ideal Home Experience” di.. Bangkok! Akomodasi, transportasi, semua ditanggung!

 

Namun.. saya tolak.

 

Sedih sekali hari itu bertabrakan dengan pekerjaan lain.

 

Padahal, banyak hal yang sebenarnya menarik dipelajari tentang semen. Well, berhubung pengetahuan saya nol tentang semen, pengetahuan apapun menjadi signifikan. Dari 0 ke 1 itu meninggkat 100%, bukan? Selalu senang belajar hal baru.

 

Ok, yang seharusnya saya dapat dari perjalanan kemarin adalah bagaimana teknologi telah membantu semen menjadi produk yang lebih berguna, lebih canggih dari sebelumnya. Bagaimana “SCG Living Tech” dengan teknologi 3D Cement Printing membantu menawarkan corak, mengurangi panas yang menembus rumah dan menambah keindahan rumah.

 

Karena tidak hadir, update yang diberikan SCG ke saya cuma bisa meninggalkan saya berandai. Jadi 3D cement printing ini tampaknya menggunakan peran teknologi layaknya 3D printer yang saat ini sedang semakin ramai digunakan, tapi ini semen. Mungkin bukan gadget yang sama, tapi setidaknya ini bisa dibayangkan demikian.

 

Yang menarik buat saya, adalah mengurangi panas yang menembus rumah. Selama ini, yang terlintas di pikiran adalah cat saja yang berpengaruh ke panas rumah, ternyata semen berpengaruh juga. Ini menarik. Selaras dengan gerakan Minimalism yang sedang saya pelajari. (Belum dianut ya, baru dipelajari).

 

Coba tonton documentary yang ada di Netflix dengan judul Minimalism, atau bisa ditonton juga di Youtube.  Minimalism mengajarkan kita untuk meningkatkan value dari hidup dengan mengurangi banyaknya barang yang kita miliki. Mengajarkan kita untuk memilah barang apa saja yang membawa value untuk kita. Barang yang bisa berguna untuk kita bekerja hingga bersenang-senang. Mengeliminasi barang / kepemilikan yang tidak ada gunanya. Salah satunya adalah ruangan dalam rumah. Salah satu golnya juga untuk berhemat.

 

Besarnya rumah juga tentunya pengaruh di banyak biaya. Nah, yang juga menjadi pikiran saya adalah panasnya rumah. Kita (baca: saya) sedikit manja dalam menggunakan AC. Panas bukanlah hal favorit saya. Ruangan panas, akan memaksa kita untuk lebih gencar mendinginkan pendingin ruangan. Biasanya, di lantai atas bisa lebih panas dari lantai bawah, apalagi yang tidak menggunakan atap, tapi dak. Dan akhirnya bila materi bangunan dipikirkan dengan matang, pemilihan semen dan cat juga pengaruh pada suhu ruangan. Mungkin kita tidak bisa memperkecil ruangan, tapi setidaknya bila ingin membangun rumah berikutnya, Amin, bisa dipikirkan dengan matang kegunaan tiap ruangannya, dan bahan yang akan dipilih.

 

Begitu banyak produk dan solusi yang ditawarkan SCG di Architect Fair 2017 kemarin dan ini adalah sebagian yang menarik perhatian saya:

  • GEOLUXE®, merek terkemuka untuk countertops batu yang populer di Amerika Serikat dan Eropa,
  • WINDSOR mewujudkan keinginan dan meningkatkan standar keselamatan dengan teknologi Z-Lock terbaru yang mengubah sistem penutupan jendela geser,
  • SHINKOLITE memperkenalkan lembaran atap akrilik, Shinkolite Heat Cut, yang menghemat energi, mengurangi panas, bersih, dan memberi kesan dalam menghidupkan kembali eksterior,
  • Q-CON, beton ringan yang inovatif, dikembangkan sebagai jawaban terhadap permintaan akan pemasangan yang cepat dan sederhana,
  • SCG BUILDING TECH, sebuah inovasi untuk konstruksi rumah dan bangunan yang nyaman dan cepat,
  • Solusi Green Building SCG, sebuah kesempatan untuk bertemu para profesional di bidang penghematan energi atau green building yang akan memberikan konsultasi dan berbagi pengetahuan tentang produk dan bangunan ramah lingkungan,

 

Seandainya saya bisa hadir, akan lebih lengkap lagi pengalaman saya yaa. Untuk sementara saya harus menikmati memelajarinya dari sini saja. Until next time, SCG, you’re welcome to invite me again. You wish, Ario, You Wish!

 

 

PS: Lebih lengkap mengenai SCG: www.scgbuildingmaterials.com/th/ASA2017

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *