Lebih Produktif dengan Windows Ink Workspace 

Lebih Produktif dengan Windows Ink Workspace 

Setelah cukup lama beralih dari Mac ke Windows dan sudah cukup beradaptasi, menurut saya salah satu hal terbaik di Windows 10 yang sudah mendapatkan Windows Anniversary Update adalah Windows Ink Workspace. 

Apakah Windows Ink Workspace itu? 

Simpelnya Windows Ink Workspace berupa sebuah Central Hub untuk Windows 10 yang mengoptimalkan penggunaan stylus agar menjadi lebih bermanfaat. Memiliki tiga fitur utama, yaitu Sticky Notes, Sketchpad dan Screen Sketch. Bagaimana cara mengaksesnya? Apabila Device Windows kalian memiliki stylus, tinggal pencet tombol yang ada di bagian atas stylus. Bisa juga diakses via Windows Ink Workspace Button di system tray. Windows Ink Workspace terbagi menjadi tiga bagian. Sticky Notes di bagian atas, kemudian Sketchpad dan Screen Sketch di bagian bawah. Kira-kira apa saja fungsi dari masing-masing fitur baru ini?

Sticky Notes

Fitur Sticky Notes sudah ada di Windows semenjak Windows Vista, tapi kini fitur Sticky Notes hadir di Windows 10 dengan beberapa penyempurnaan. Tidak seperti Sticky Notes biasa, menurut saya yang ini lebih canggih. Sticky Notes di Windows Ink Workspace dapat mengenali tulisan tangan dengan stylus sehingga kita bisa langsung membuat Notes hanya dengan menuliskannya langsung dan tidak perlu mengetik. Dan dengan mengaktifkan “Cortana Insights” kita bisa membuat Cortana memahami tulisan kita secara kontekstual. Sebagai contoh apabila kita menuliskan catatan “call mom tomorrow” maka Cortana akan dapat mengenali arti dari tulisan tersebut dan membuat reminder berdasarkan apa yang kita tulis.

Sketchpad

Kalau dulu zamannya Windows XP untuk menggambar kita menggunakan Microsoft Paint, maka Sketchpad adalah penyempurnaan dari Microsoft Paint untuk Windows 10 dengan fitur yang jauh lebih lengkap. Sketchpad adalah aplikasi untuk menggambar, doodling, atau apapun yang kalian inginkan. walaupun fitur-fiturnya tidak selengkap Adobe Photoshop ataupun Illustrator sebagai aplikasi pengolah grafis atau desain, Sketchpad sebagai Aplikasi Basic untuk menggambar cukup dapat diandalkan dan juga mudah dipakai oleh orang awam. Fitur yang paling seru menurut saya adalah digital ruler, penggaris digital untuk membantu kita menggambar garis lurus, rasanya seperti pakai penggaris beneran!

Screen Sketch

Kurang lebih fiturnya hampir sama dengan Sketchpad, tapi bedanya di Screen Sketch kita dapat menggambar di atas screenshot dari desktop kita. fitur ini akan sangat berguna apabila digunakan untuk me-review pekerjaan atau memberikan referensi untuk orang lain. tinggal corat coret dan dapat langsung kita beri notes diatas screenshotnya langsung. sangat mudah kan?

Apapun profesi kita yang didukung dengan penggunaan Windows, Windows Ink Workspace ini tampaknya akan berguna. Mulai dari arsitek, disainer grafis yang mungkin akan menggunakannya paling banyak, hingga profesi apapun yang cuma ingin bersenang-senang dengan merekam layar chatting di grup layaknya di smartphone akan merasakan gunanya Windows Ink Workspace ini. Apalagi dengan adanya stylus.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *