Langkah-Langkah Beralih dari Android ke iOS.

Langkah-Langkah Beralih dari Android ke iOS.

Di tulisan sebelum ini, saya sudah membahas langkah-langkah beralih dari iOS ke Android. Nah, karena mungkin ada juga user Android yang ingin tahu rasanya menggunakan iPhone? Sekarang mari kita bahas sebaliknya yaitu langkah-langkah beralih dari Android ke iOS.

Via Aplikasi Move to iOS

Apple menyediakan aplikasi khusus untuk migrasi dari Android ke iOS bernama Move to iOS yang berfungsi untuk memindahkan hampir seluruh isi di Android kamu ke iOS termasuk foto, kalender, kontak, SMS dan lain-lain (kecuali aplikasi, setingan, musik dan password) dengan mudah. Untuk catatan, Move to iOS ini support smartphone dan tablet Android 4.0 ke atas dan transfer ke iOS devices dengan iOS 9 ke atas.

  • Buka iPhone kamu dan jalankan setup seperti biasa sampai ke bagian Apps & Data.
  • Pilih Move Data from Android” dan akan muncul 10 digit angka di layar.
  • Buka Android kamu dan download aplikasi Move to iOS di Google Play Store.
  • Buka aplikasinya, tap “Continue, agree to the term of use”, tap Next dan masukkan 10 digit angka yang muncul di iPhone.
  • Kemudian, akan muncul option untuk memilih apa saja yang ingin kamu transfer ke iOS, pilihannya adalah Google Account, Chrome bookmarks, SMS, kontak, foto dan video.
  • Pilih yang ingin kamu transfer dan tap Next.
  • Android kamu akan memulai proses transfer. Lama waktu transfer tergantung dari besarnya data yang akan kamu transfer. Rata-rata sekitar 10-15 menit.

Beralih dari Google Service ke Apple Service (?)

Seperti yang pernah saya bilang di postingan Blog sebelumnya juga, Apple memiliki ekosistem yang tertutup, sehingga kita harus memilih aplikasi pengganti apabila kita tidak menemukan aplikasi yang kita inginkan di Apple seperti Safari, iWork, iCloud dan lain-lain. Namun sebaliknya, Google memiliki ekosistem yang sangat terbuka. Kamu bisa dengan mudah menemukan Google Maps, Gmail, Chrome, Google Docs, Google Drive dan yang lainnya di Apple AppStore, sehingga kamu tidak perlu mencari aplikasi pengganti. Mungkin ada sedikit penyesuaian layout aplikasi dari Android ke iOS, tapi pastinya lama kelamaan akan terbiasa.

Memindahkan Whatsapp Chat

Sama seperti dari iOS ke Android, memindahkan Whatsapp Chat dari Android ke iOS juga sedikit merepotkan dan panjang. Wazzap Migrator yang kita pakai di postingan blog kemarin hanya berlaku untuk iOS ke Android dan tidak berlaku sebaliknya. Setelah saya cari tahu ternyata ada aplikasi PC / MAC yang sejenis bernama Backuptrans. Aplikasi ini berbayar seharga $29.95 dan bisa di download di link berikut:

http://www.backuptrans.com/android-iphone-whatsapp-transfer-plus.html

  • Pastikan kamu memiliki iTunes dengan versi terbaru di PC / MAC kamu.
  • Backup Whatsapp Chat di Android
  • Enable USB debugging di Andoid dengan memilih Settings > About Device dan tap Build Number 7 kali untuk membuka Developer Mode.
  • Kembali ke Settings > more > Developer Options dan Enable USB debugging.
  • Hubungkan Android ke PC / MAC yang sudah terinstall aplikasi Backuptrans.
  • Setelah Android kamu terkoneksi sekarang hubungkan iPhone dengan PC / MAC, sehingga Android dan iPhone kamu terhubung secara bersamaan ke PC / MAC yang sama.
  • Buka aplikasi Backuptrans dan kamu dapat melihat Android dan iPhone yang sudah terhubung.
  • Pilih Android dan di bagian Toolbar atas terdapat pilihan “Transfer Messages from Android to iPhone” kamu dapat memilih hanya ingin memasukkan chat tertentu atau semua chat ke iPhone kamu. Langkah selanjutnya hanya tinggal ikuti prosesnya dan chat akan berpindah dari Android ke Whatsapp.

Memindahkan Musik

Untuk memindahkan musik hanya tinggal copy musik yang ada di Android kamu ke iTunes dan Sync musik yang sudah kamu pindahkan ke iPhone. mudah kan? Atau untuk kamu yang tidak pernah menyimpan musik lagi di Smartphone tapi menggunakan streaming music services seperti Spotify bahkan Apple Music, tentu lebih gampang. 

That’s all. Sekian tips dan trik berpindah dari Android ke iOS dan ini melengkapi seri tulisan blog saya sebelumnya tentang berpindah dari iOS ke Android. Pilih yang paling sesuai dan nyaman dengan keinginan dan juga kebutuhan kamu. Ok?

Thanks!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *