First Impression: PhotoGrid

First Impression: PhotoGrid

Tren Smartphone di Indonesia sepertinya semakin meningkat di beberapa tahun belakangan ini. Dari data yang saya dapat, ada 88,1 juta pengguna internet aktif di Indonesia dan 79 juta di antaranya adalah pengguna aktif media sosial. Ditunjang dengan semakin murahnya smartphone Android, hanya dengan 1,5 jutaan kita sudah dapat memiliki smartphone Andorid dengan kualitas yang cukup baik, sehingga kini Smartphone dapat dijangkau hampir oleh semua kalangan. Yang menarik adalah, digital behaviour  masyarakat Indonesia bisa dibilang cukup “unik”. Ingat tren “Om telolet om” beberapa waktu yang lalu? We love to share. Kebiasaan kita untuk Sharing apapun di media digital, apalagi di media sosial bahkan bisa berpengaruh hingga tingkat dunia. Hal menarik lainnya adalah tren Selfie. Indonesian loves Selfie. Bahkan beberapa Brand smartphone menjadikan Selfie sebagai Fitur utama dari smartphone mereka. Lalu setelah foto-foto Selfie biasanya kita Edit kan? yup, kita juga suka mengedit foto. Entah dikasih filter warna, menambahkan sticker atau dibuat kolase, dan lain-lain.

Selfie, Edit & Share. Yup, kombinasi ini mungkin yang dilihat sebagai peluang oleh Cheetah Mobile Inc. sebagai developer aplikasi dalam menciptakan PhotoGrid. Kita bisa Selfie, Edit & Share foto-foto kita hanya di dalam satu platform. Mungkin sudah banyak yang mengenal PhotoGrid sebagai aplikasi editing foto, tapi sebenarnya saat ini aplikasi ini juga bisa dijadikan untuk berbagi foto. Sedikit berbeda dengan kebanyakan aplikasi yang sudah ada. Karena biasanya, untuk edit foto dan sharing tidak didapatkan dalam satu aplikasi saja.

Kira-kira apa aja sih fitur-fitur dari PhotoGrid ini?

Banyak. Di versi terbaru PhotoGrid 6.0 ini, hadir fitur-fitur menarik seperti, Grid, Scrapbook, Filmstrip dan Share-to-Social. Ada beberapa fitur baru, di antaranya:

1. Rolling comments

PhotoGrid menyediakan fitur Rolling Comments sehingga kita bisa share, memberikan komentar dan berdiskusi dengan pengguna lain secara interaktif.

2. Personalized Feed

Fitur ini memungkinkan kita mengikuti (following) dan melihat konten dan foto yang bisa kita atur sendiri feed-nya.

3. Intelligent editing 

Ini fitur yang keren menurut saya. PhotoGrid memiliki kemampuan mengenali wajah dikombinasikan dengan AI (Artificial Intelegence) dan Machine Learning. Gampangnya, semacam Snapchat filter, tapi dengan lebih dari 300 layout, 500 sticker dan 40 lebih filter animasi dengan efek khusus yang tersedia. Gak bakalan habis tuh kalo dicobain satu-satu. Mungkin sudah banyak yang mengenal PhotoGrid sebagai aplikasi editing foto, tapi sebenarnya saat ini aplikasi ini juga bisa dijadikan untuk berbagi foto.

Oh ya, untuk April Mop ini PhotoGrid menghadirkan Wow!filter dengan dua filter spesial Pie Face Machine dan Rotten Apple Plank yang dirancang khusus untuk April Mop. Lumayan nih buat ngisengin temen!

Overall, saya masih butuh waktu untuk bermain-main dengan PhotoGrid. Fiturnya lengkap, yang paling menyenangkan adalah kita tidak perlu repot pindah-pindah aplikasi untuk edit foto dan sharing. Semua sudah komplit di PhotoGrid. Buat kalian yang berjiwa kreatif bisa menyalurkan karya disini.

Coba download PhotoGrid, tersedia di AppStore dan PlayStore, kita coba bareng-bareng, Komentarnya ditunggu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *