Avast Premier 2017: Lebih dari Antivirus Biasa!

Avast Premier 2017: Lebih dari Antivirus Biasa!

Di tahun 2017 ini, akses internet di Indonesia sudah bisa dibilang cukup mudah didapat. Memiliki perangkat komputer atau gadget yang selalu terhubung dengan internet menjadi hal yang cukup umum. Tapi tentunya, perangkat komputer / gadget yang selalu terhubung dengan internet memiliki resiko tertular virus / malware yang cukup besar. Maka dari itu, memilih antivirus yang tepat sangat penting bagi kita sebagai user untuk melindungi perangkat komputer atau gadget kita dari serangan virus / malware.

Avast Software (yang juga telah mengakuisisi AVG di tahun 2016) menjadi salah satu nama yang tidak asing (Selain Norton, Avira) sebagai produsen antivirus untuk perangkat komputer / gadget,kini merilis produk terbaru mereka yaitu Avast 2017 yang terdiri dari lini produk sekuriti yang free dan premium. yaitu Avast Free Antivirus, Avast Pro Antivirus, Avast Internet Security dan Avast Premier. Saya berkesempatan menggunakan Avast Premier dan berikut adalah hasil uji coba saya dalam beberapa hari belakangan ini.

First Impression

Saat mencoba Avast Premier untuk pertama kalinya, perhatian saya tertuju ke User Interface-nya. It looks really good! Selama ini menurut saya, User Interface produk antivirus cenderung tidak update dengan trend UI design terkini, mungkin karena fokus produknya lebih ke fungsionalitas. tapi ternyata Avast Premier mencoba membuktikan bahwa produk antivirus pun bisa memiliki tampilan User Interface yang lebih baik, dan saya rasa cukup berhasil. User Interface yang simpel (bergaya Flat / Material Design) dan intuitif menjadi salah satu keunggulan dibanding dengan produk sejenisnya. Hal kedua yang menarik perhatian saya, it’s fast! Perpindahan antar menu sangat cepat dan tanpa lag.

Fitur-Fitur

Di bagian menu, terdapat 4 pilihan yaitu menu Status, Protection, Privacy dan Performance. Yang dimana memiliki beberapa fungsi yang berbeda-beda. Menu Status, untuk memperlihatkan hasil scan dan status proteksi dari perangkat komputer / gadget kita. Kemudian ada menu Protection, ini adalah menu utama yang berfungsi sebagai antivirus itu sendiri. Di dalam menu protection ini, terbagi menjadi beberapa fitur yaitu Antivirus, dimana kita bisa mendeteksi virus / malware yang ada secara cepat dengan fitur Smart Scan, atau ingin mendeteksi virus / malware dengan lebih lengkap dan menyeluruh? ada fitur Full Virus Scan.

Adalagi beberapa fitur seperti Rescue Disc unuk membuat Avast Antivirus On-The-Go yang bisa ditaruh di CD atau di USB drive. Fitur Firewall, yang melindungi perangkat komputer / gadget dari Hacker. Tidak ketinggalan juga fitur-fitur lain yang tidak kalah berguna seperti Wi-Fi Inspector yang secara otomatis melakukan scan jaringan rumah untuk mengidentifikasi perangkat yang memiliki celah keamanan dan memperbaikinya. Ada juga menu-menu lain seperti Real Site, Software Updater dan Sandbox.

Menariknya, selain fungsi utamanya sebagai software Antivirus, Avast Premier juga memliki fitur-fitur selain Antivirus yang berfokus kepada keamanan, privasi dan performa. Di menu Privacy, ada fitur Passwords yang berfungsi sebagai Password Management. Membuat password lebih mudah untuk dikelola dan menjaga pengguna agar tetap aman. Fitur Secureline VPN untuk browsing di Private mode dan fitur Data Shredder untuk menghancurkan data untuk kepentingan personal, fitur ini akan berguna apabila kita ingin menjual perangkat komputer / gadget kita ke orang lain. Di sisi performa, ada menu performance yang memiliki 2 fitur yaitu Cleanup dan Game mode. Fitur Cleanup berfungsi untuk mendeteksi junk files, redundant apps dan beberapa hal dalam perangkat komputer / gadget kita yang memperlambat kinerja dan memperbaikinya. Fitur Game Mode, fitur ini secara otomatis mendeksi suatu game yang sedang dimainkan dan memprioritaskannya untuk memastikan tidak muncul suatu gangguan untuk memaksimalkan kecepatan dan performa yang diperlukan oleh game. Uniknya, ketika Avast 2017 beralih ke Game Mode, tidak hanya notifikasi dan proses background dari Avast yang dihentikan, namun juga notifikasi lain dan menghentikan sementara Windows Updates.

Premium

Walaupun cukup puas dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Avast Premier ini, tapi bukan berarti tanpa kekurangan. Saya menemukan 2 (yang menurut saya) adalah poin minus di Avast Premier ini. Yang pertama adalah untuk beberapa fitur, seperti Cleanup dan Secureline VPN memerlukan subscription tahunan untuk membuka semua fiturnya. Dan saya menemukan beberapa UI Glitch yang meletakkan button di bawah Windows Taskbar (Gambar terlampir) sehingga menyulitkan untuk di-klik. yang belum saya tahu,apakah ini problem di Software Avast premier atau hanya di hardware notebook saya? mungkin harus mencoba install di Notebook lain untuk cari tahu lebih lanjut.

Glitch 2: Tombol tidak bisa diklik.

Conclusion

Overall, dengan semua fitur-fiturnya Avast Premier menawarkan banyak hal-hal baru dibanding software antivirus biasa. It’s beyond Antivirus! dan saya rasa akan menjadi standar baru untuk sebuah software antivirus ke depannya.

Peluncuran versi Avast 2017 ini, termasuk Avast Free Antivirus, Avast Pro Antivirus, Avast Internet Security dan Avast Premier, sudah tersedia bagi semua pengguna Avast dan juga dapat di-download di www.avast.com

Catatan

Avast Premier ini dicoba di PC, tersedia juga untuk Mac.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment