Nasib Smartphone Lama, Saat Ada Yang Baru…

Nasib Smartphone Lama, Saat Ada Yang Baru…

Salah satu momen menyenangkan sebagai seorang penggemar teknologi adalah, ketika kita mendapatkan / membeli Smartphone baru. Siapa yang tidak senang? Kadang mendapatkan Smartphone terbaru tidak semudah yang dipikirkan. Menabung berbulan-bulan, menghemat duit makan (kadang dengan alasan puasa Senin Kamis), cari duit tambahan dengan menjadi “online sis/gan” demi Smartphone impian. Hingga ketika kita berhasil mendapatkan Smartphone impian tersebut, rasanya puas bagaikan anak baru puber puasa 1 bulan penuh! Pengorbanan selama ini terbayarkan dengan baik. Mulai dari unboxing, mengulik fitur-fitur terbaru, cari casing atau aksesoris yang pas. Seluruh fokus kita langsung teralihkan ke Smartphone baru ini.

 

Terus bagaimana nasib Smartphone lama kita?

 

Pikiran pertama yang terlintas: JUAL! Lumayan kan buat nambah-nambahin biaya beli smartphone yang baru? Tapi di saat ngecek harga pasaran, “wah kok anjlok banget kalo dibanding waktu pertama kali beli ya?” Dan sebenarnya smartphone lama ini banyak nilai historisnya, (sentimental value, kalo dipikir-pikir sayang juga dijual.

 

Terus harus apa ya? Mungkin ini adalah beberapa hal yang saya pikir bisa dilakukan dengan memanfaatkan Smartphone lama kita, yaitu:

 

Smart Home System

 

Pernah mendengar IoT (Internet of Things)?  IoT adalah di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi satu sama lain melalui sebuah jaringan internet. Saat ini, sudah banyak gadget seperti Smart Thermostat, Smart home camera, Smart Lamp dan lain-lain yang sudah dapat dibeli dengan harga cukup murah. Nah, dengan kombinasi ini, kita bisa memanfaatkan Smartphone lama kita sebagai Control Center untuk Smart Home system.

Mau cek keadaan rumah? Atau kalo sudah punya anak, mau cek kondisi anak di rumah? tinggal koneksikan smartphone lama kita ke Smart home camera / Security Camera.
Mau ganti suasana rumah / kamar dengan ambience yang berbeda? koneksikan smartphone lama kita ke Smart Lamp seperti Phillips Hue atau Xiaomi Yeelight untuk mengganti ambience ruangan menjadi lebih berwarna sesuai mood.  Contoh bisa dilihat di video saya yang ini

 

Car GPS / Media Center

 

Berapa lama kita dalam sehari menghabiskan waktu di perjalanan? Kalau dengan mobil pribadi mungkin bisa 3-4 jam-an (pulang pergi kantor). Kadang suka bosan dengan siaran radio atau koleksi CD yang itu-itu aja? Kita bisa memanfaatkan Smartphone lama kita sebagai Car Media Center. Pasang car mount holder di Dashboard mobil kita, taruh Smartphone lama kita disana dan Voila! Smartphone lama kita menjelma sebagai Car Media Center. Smartphone dengan ukuran layar 5-Inch ke atas sepertinya sudah memadai untuk digunakan sebagai Media Center.

Bosan musik di radio? Tinggal pasang Spotify / Apple music. Butuh cari jalan alternatif? Bisa buka Google Maps / Waze. mau menonton film / TV Series? ada Netflix, Hooq & Iflix. Catatan untuk yang terakhir, lebih baik tidak dilakukan apabila menyetir sendiri tidak dengan supir. Don’t watch & drive! Tapi kalau dengan supir, no problem 😀

Oh ya, juga dibutuhkan quota data yang besar, ya.

 

Dedicated Sports Tracker (running / bike etc)

 

Untuk yang hobi berolahraga seperti lari atau bersepeda, keberadaan aplikasi olahraga seperti Nike+ Run Club, Endomondo, Strava dan sebagainya sangat penting untuk mengukur dan menentukan target dalam aktifitas olahraga kita. Namun untuk kegiatan olahraga luar ruang seperti lari dan bersepeda ada hambatan seperti turunnya hujan atau bukan tidak mungkin smartphone kita terjatuh tanpa sengaja. Daripada menggunakan smartphone baru, kita bisa memanfaatkan Smartphone lama kita sebagai Dedicated Sports Tracker. At least, ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, bukan smartphone baru kita yang menjadi korban.

Dijambret? Amit-amit!

 

Smart Room (music player / remote control etc).

 

Di atas sudah ada Smart Home System, nah kalo Smart room apa bedanya nih? Well, kamar bisa dibilang salah satu tempat dimana kita paling banyak menghabiskan waktu. Sehingga kenyamanan menjadi faktor utama di dalam kamar kita. kita bisa memanfaatkan Smartphone lama kita sebagai device yang multi-guna di dalam kamar untuk menambah kenyamanan. Contohnya sebagai stand-alone music player untuk memainkan Playlist favorit kita via Bluetooth speaker, atau sebagai Remote Control TV? Beberapa merek Smartphone memiliki IR Blaster sebagai fitur dari Smartphone mereka. Ada aplikasi seperti Peel Smart Remote yang bisa menjadikan Smartphone sebagai Remote TV lengkap dengan TV Guide-nya. selain itu bisa juga digunakan sebagai internet radio untuk streaming radio, alarm clock atau digital photo frame.

 

Di atas adalah beberapa ide untuk menggunakan smartphone lama kita dan memanfaatkannya untuk hal-hal yang masih bisa berguna untuk kebutuhan lain.

  • Sebagai Smartphone kedua? Pribadi kedua?
  • Sebagai hadiah untuk orang rumah, Asisten Rumah Tangga? Supir?
  • Sebagai alat untuk … nimpuk?

Mungkin ada yang punya ide selain yang di atas? tulis idenya di komen di bawah.

Thanks!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *