Review Kilat Coolpad Max: Kepribadian Ganda.

Review Kilat Coolpad Max: Kepribadian Ganda.

Pertama kalinya saya mencoba smartphone dengan merek Coolpad. Karena ini kali pertama, tidak ada salahnya kita berkenalan dengan brandnya dulu. Coolpad adalah produsen smartphone asal China yang bermarkas di Shenzen. Didirakan tahun 1993 dengan mulai memproduksi pager, iya, pager seperti yang dilagukan Neo. Dari pager ke PDA, dari PDA ke CDMA, hingga sekarang berbangga di pasar LTE (mengklaim sebagai no. 1 untuk LTE di China).

Coolpad pun sempat mengubah logo, dari italic kekotakan seperti logo pasta gigi, ke yang lebih bulat, dan sederhana. I like it.

Jujur saat ditawari untuk me-review, saya pun jujur sempat ragu, ya karena belum pernah, tapi juga sangat tertarik, ya karena belum pernah juga. Skeptis karena brand dari Cina? Kalau itu saya pikir sudah lewat jamannya dikarenakan begitu banyak brand Cina yang bagus, sangat bagus.

Namun saat terima barangnya, pagi hari sebelum perjalanan saya keluar kota, saya sempatkan melakukan unboxing. (bisa dilihat di vlog). Packagingnya,… sungguh sempurna! Coolpad Max adalah smartphone flagship dari Coolpad. Seperti banyak flagship lainnya, ini juga hadir dengan warna rose gold. Untuk pertama kalinya, saya pakai smartphone warna PINK!

Designnya sungguh, sungguh cantik. Mungkin itu faktor warnanya, atau buildnya yang sempurna. Bahan casingnya adalah Cobalt Alloy Titanium Aluminum dengan 99% Metal. Saya masih kesulitan mencari 1% itu di mana. Layarnya mengadopsi 2.5 curved edge glass yang artinya “sedikit” melengkung di sampingnya, namun tidak “se-curvy” Samsung. Layar bening – crystal view, tajam – 1080p, kuat – Corning Gorilla Glass 4, besar – 5.5″, seperti banyak flagship lainnya.

1 paragraf tidak cukup untuk membicarakan cantiknya designnya. Tanpa saya duga, perpaduan rose gold dan hitam ternyata memberikan kesan yang berbeda. Berbeda dengan iPhone edisi rose gold, garis antena dari Coolpad Max berwarna hitam dan lebih tipis. Selain estetika, warna hitam tampaknya juga dimanfaatkan Coolpad untuk menyembunyikan 1 lubang yang sangat kecil yang berfungsi sebagai antena.

2 speaker di bawah yang berfungsi keduanya, kamera belakang di tengah mensimetrikan keseluruhannya, finger print sensor di belakang, volume & power button yang solid, dan tampak depan yang polos, tanpa tombol apapun, menyempurnakan designnya. .. dan .. hadir dalam pink dan emas.

IMG_0552

IMG_0551

IMG_0550

IMG_0549

IMG_0548

IMG_0547

IMG_0546

Bagaimana jeroannya?

Qualcomm Snapdragon 617 MSM8952: 1.5GHz, Octa-Core, Cortex A53, Adreno 405 Graphic Processor.
RAM 4GB
Storage 64GB, bisa ditambah lagi dengan 32GB microSD,
Baterai 2800 mAh dengan Quick Charge 2.0
Lollipop 5.1.1
dan 4G LTE.

Cukup flagship? well, tidak se-flagship dalam kelas SnapDragon 820 dan ada flagship lain dengan baterai di atas 3000 mAh, tapi oleh karena itu Coolpad Max bisa hadir dengan harga di bawah 6 juta Rupiah. Fair enough. Kamera 13MP dengan auto focus PDAFnya bukan yang terbaik yang ada di pasaran, tapi cukup. Berikut bisa dilihat hasil-hasilnya, dan hakimi sendiri.

IMG_20160513_062917

IMG_20160510_085115

IMG_20160510_130832

IMG_20160510_212330

IMG_20160513_094038

 

 

Lalu, apa yang membedakan Coolpad Max dari kebanyakan flagship yang ada di luar sana? Dual Space!

Screen Shot 2016-05-14 at 3.59.41 PM

 

Ini menarik. Coolpad Max membiarkan kita memiliki alter ego, kepribadian lain! Bisnis dan pribadi, kantor dan rumah, publik dan rahasia, istri dan pacar? Mungkin yang terakhir bukan contoh yang baik, Ario. Tapi serius, ini ide yang bagus. Bayangkan bagi mereka yang ingin membedakan kehidupan kantor dan rumah yang ingin memisahkan foto kerjaan dan anak, atau yang punya dagangan online untuk menjual melalui media sosial? Tidak jarang beberapa dari kita menjadi admin (atau mimin) sebuah brand entah itu milik sendiri atau perusahaan tempat kita bekerja. Dual Space menyediakan aplikasi Private Camera, Private Photos, Private Record yang artinya semua yang dilakukan dalam apps itu, tidak akan terlihat di space yang satunya. Fitur BiLogin memungkinkan kita login ke media sosial menggunakan 2 akun yang berbeda. Facebook, Whatsapp (dengan 2 nomor yang berbeda). Ini adalah solusi untuk yang sering berucap “Sial, salah akun!” “Duh, salah ngetwit dari akun kantor”, atau… ah, saya serahkan ke imajinasi Anda saja.

Jadi? Coolpad Max adalah flagship dari Coolpad yang sejauh ini menjadi yang terbaik yang pernah dikeluarkan Coolpad. Coolpad Max akan membawa, lagi-lagi, produsen smartphone dari Cina menjadi benar-benar “ancaman” karena merupakan pilihan yang benar-benar bisa dibilang, well,.. bagus! Saya pribadi menyukai Coolpad Max dengan segala alasan di atas, namun 1 hal yang bisa diperbaiki. Theme! Jujur, interface menjadi hal penting untuk saya. Theme bawaan dari Coolpad Max,.. anggap saja bukan selera saya. Oleh karena itu, saya ganti dengan launcher, masalah selesai! (kecuali di bagian personal space.)

So? ini hal yang beda, akan menarik untuk segmen market tertentu. Tanpa disangka, bisa jadi market ini akan diam-diam membelinya tanpa menyebutkan bahwa alasannya adalah dual space, tapi mereka butuh. Mudah-mudahan Anda mengerti maksud saya.

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments