Mencari Dokter Ideal

Mencari dokter bisa menjadi hal yang sangat subjektif. Bisa juga relatif, tergantung individu masing-masing, bagaimana mau menilai dokter. Hal ini juga bisa menjadi hal yang sangat pribadi, bahkan intim, karena berhubungan dengan dengan hal yang paling hakiki, kesehatan hingga kelangsungan hidup kita.

Untuk hal yang mendasar, kadang memang kita percaya kepada dokter langganan, seperti dokter umum. Dokter yang memang kita kenal, atau dekat tempat tinggalnya dan mungkin sudah merasa nyaman. Beberapa alasan lagi mungkin juga adalah dokternya rujukan dari asuransi atau BPJS. Untuk hal yang mungkin ringan seperti batuk, flu, demam ringan, mungkin tidak ada masalah. Bagaimana dengan penyakit serius?

Hal besar seperti sakit jantung, kanker, progam mencari keturunan atau bahkan penyakit yang langka tentu tidak akan kita biarkan dokter umum mendiagnosanya. Kita membutuhkan dokter spesialis. Tunggu, mungkin minimal pendapat 2 dokter spesialis. Hal yang sangat sensitif dan personal seperti ini tidak akan mungkin kita anggap ringan.

Nah, bagaimana kita menentukan dokter mana yang cocok untuk kita? Dokter mana yang paling benar?

Selama ini, cara yang paling sering menjadi acuan kita dalam mencari dokter adalah rekomendasi orang terpercaya, seperti keluarga, teman, kolega dan mungkin sekarang blog orang. Yang menjadi masalah adalah bila pendapat orang-orang terpercaya kita, bertolak belakang. Bagaimana kita menentukan?

Saat ini yang kita butuhkan ada platform di mana orang bisa menilai, mereview, dan memberikan masukan tentang para dokter. Dokter bisa menjadi penyelamat hidup kita, tapi dokter juga bisa salah. Kita butuh orang lebih banyak lagi untuk bisa menilai dokter itu sehingga keputusan bisa lebih sedikit lebih mudah diambil.

Mari kita bahas platform-platform yang sudah bergerak ke arah itu.

 

Practo

 

Practo adalah startup yang sudah besar di India dan belum lama menginjakkan kakinya di Indonesia. Practo hadir dengan tujuan untuk memberikan informasi yang lengkap mengenai data dokter yang ada (hingga saat ini) di Jakarta.  Dengan banyaknya jumlah dokter yang ada di Jakarta saja, kita bisa kewalahan untuk menentukan pilihan. Practo memberikan fitur filter agar memudahkan kita untuk mencari berdasarkan lokasi, harga, jenis spesialisasi.

Dokter-dokter yang ditawarkan hadir dengan data pengalaman praktek, jam praktek, spesialisasi, harga, bahkan foto diri, pengalamannya, penghargaannya dan foto ruang praktek. Hilirnya adalah untuk menghubungi dokter atau klinik tersebut.

Yang ditunggu dari Practo adalah kemampuannya untuk review oleh pengguna, dan booking. Masih dalam tahap pengembangan, tapi sepertinya akan berguna.

 

File_002 File_001 File_000

 

*UPDATE*

Practo baru saja meluncurkan aplikasinya di Sao Paolo, Brazil, 18 Maret kemarin.

Practo saat ini hadir di 15 negara dan di lebih dari 50 kota di seluruh dunia. Saat ini mereka telah mendata lebih dari 200.000 dokter dan 10.000 rumah sakit, 8.000 pusat diagnostik dan lebih dari 4.000 pusat kesehatan secara global dan menerima lebih dari 10 juta pencarian setiap bulannya di seluruh situs web dan aplikasinya.

Practo diluncurkan di pasar Indonesia pada bulan September 2015. Practo menyediakan database terbesar dokter-dokter di Indonesia. Konsumen memiliki akses ke lebih dari 6.000 dokter terverifikasi di lebih dari 75% dari semua klinik di DKI Jakarta. Sejak Oktober volume pencarian kami telah berkembang lebih dari 20 kali lipat dan sejauh ini telah membuat kami menjadi platform kesehatan terbesar di wilayah ini – dan ini baru di Jakarta. Kami bekerja dengan agresif untuk menjangkau lebih banyak daerah di Indonesia termasuk wilayah Jakarta Raya yang lebih luas yang meliputi Bogor, Depok, Tangerang dan wilayah Bekasi. Practo akan memperluas penawarannya untuk mencakup segmen kesehatan yang lebih banyak seperti rumah sakit, kesehatan, kebugaran, serta produk konsultasi online juga.

*

 

Konsula

 

Konsula adalah direktori pencari dokter yang juga pencari klinik dan servisnya. Sama dengan Practo, Konsula juga menyediakan jasa booking Dokter dan klinik atau laboratorium yang akan fokus ke pasar Indonesia. Artinya, Konsula akan mendapatkan daftar klinik yang menerima BPJS.

Konsula juga akan bergerak ke B2B dengan menawarkan sistem untuk klinik atau rumah sakit untuk melakukan booking terintegrasi untuk mereka dan pendaftaran pasien secara online.

 

KlikDokter

 

KlikDokter agak berbeda, KlikDokter adalah portal kesehatan dimana pengunjung bisa membaca artikel, berbincang dengan dokter secara online, sambil memberikan direktori online dokter, obat, klinik dan apotek. Tampilannya mirip news portal di mana ada berita dan iklan.

KlikDokter akan cocok untuk yang baru dalam tahap ingin tahu lebih banyak tentang keluhan kecil yang dialami calon pasien. Calon pasien bisa cari tahu dengan membaca artikel atau berbincang dengan dokter secara onlinenya, sebelum akhirnya bertemu secara offline.

KlikDokter cocok juga untuk kerabat pasien yang khawatir akan kerabatnya yang sakit yang ingin tahu lebih banyak tentang penyakit kerabatnya tersebut tanpa membuat janji dengan dokternya.

 

Practo dan Konsula masih dalam pengujian pasar. Kekuatan mereka akan tergantung dengan besar dan akuratnya direktori dokternya serta integrasinya dengan klinik atau rumah sakit untuk melakukan booking. Menarik untuk dicoba dan disimak perkembangannya.

Yang jelas, generasi yang sudah mulai terbuka akan internet, bisa mendengar saran keluarga, teman atau orang terdekatnya tentang dokter, lalu membandingkannya secara online ke aplikasi tersebut. Itu dengan harapan dapat memudahkan mengambil keputusan mencari dokter. Dan untuk yang masih tahap penasaran, bisa belajar dulu di KlikDokter.

Semua bertujuan memudahkan. Inilah memanfaatkan teknologi untuk lebih sehat. Siap?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *