Semakin Mudah Bertransaksi

Semakin Mudah Bertransaksi

Berbelanja online di situs ecommerce memang meningkat jumlahnya. Keamanan di sisi pembayaran rasanya memang makin lama makin bisa diandalkan. Saat ini, gerbang pembayaran yang paling memudahkan saya untuk bertransaksi online adalah Kartu Kredit. Bisa dengan memasukkan data setiap transaksi di situs ecommerce, hingga pengenalan sidik jari untuk akun Apple atau Android untuk pembelian apps atau konten lainnya.

 

Metode pembayaran yang berpangkal di kartu kredit ini masih banyak lagi. Membeli games di PlayStation Store misalnya, membooking tempat menginap di AirBnB, atau sampai begitu mudahnya untuk membayar Uber. Begitu mudah, mudah untuk pengguna, mudah juga untuk pelaku usaha.

 

Ada gerbang lain selain kartu kredit? Bisa juga menggunakan PayPal atau mungkin AliPay di Cina.

 

Apa lagi? Langsung ke bank, tentunya.

 

Metode pembayaran ke bank bisa melalui transfer ATM, transfer melalui site ebanking, atau sekarang banyak yang sudah langsung dari aplikasi. Sudah ada bank yang bisa melakukan transfer uang melalui Facebook. Bahkan, di London, sudah ada bank yang full beroperasi secara online, yang artinya tanpa memiliki wujud fisik.  1 hal lagi yang tampaknya belom begitu ramai di Indonesia, adalah metode QR code.

 

Paling sering pakai QR code untuk apa? Selain untuk menggunakan WhatsApp for Web, tentunya.

 

QR Code ternyata bisa digunakan untuk pembayaran, bisa banget. Beberapa contoh caranya bisa disaksikan di video ini https://www.youtube.com/watch?v=R7C2W_4Cf6k. Akan keren sekali bila kita bisa membayar Gojek, Uber, GrabCar, GrabBike, GrabTaxi, dll dengan QR Code.

 

Terlihat sangat mudah bagi pengguna. Bagaimana dengan pelaku usaha?

 

Untuk mendapatkan duit masuk langsung dari bank akan memberikan perasaan yang lebih aman, tanpa buffer kartu kredit. Satu hal adalah prinsip pendebitan dari akun bank pembeli lebih pasti dibanding sistem kredit kartunya. Penjual akan mendapatkan karakteristik pembeli yang membelanjakan uang yang dia punya, dan bukan berhutang.

 

Terbukti cepat, praktis and.. it works!

 

Tantangannya terletak pada penetrasinya. Bagaimana membuat semua banyak orang menggunakan QR code untuk pembayaran. Tentu bukanlah hal mudah untuk menganjurkan pembeli untuk mengubah gaya pembayarannya.

 

Satu kunci utamanya adalah semua bank berpartisipasi. Partisipasi bank akan menjadi kunci. Bila semua sudah menyanggupi, mempercayai system pembayaran ini, perbedaan pilihan bank tentu bukan kendala lagi. Di saat itu kejadian, QR code bisa menjadi pesaing ketat system pembayaran menggunakan sidik jari.

 

mobile-payment-chip

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *