Mencari Baterai yang Kuat dengan Budget Terbatas | Review: Lenovo Vibe P1M

Mencari Baterai yang Kuat dengan Budget Terbatas | Review: Lenovo Vibe P1M

DSCF4682   DSCF4683

Lagi-lagi, Lenovo begitu baik untuk mengirimkan paket. Kali ini untuk saya review adalah, Lenovo P1M. Sedikit update tentan Lenovo, seperti yang mungkin kalian sudah ketahui, 2 teman baik saya, Andira Pramanta dan Pandji Pragiwaksono berangkat ke Las Vegas, Amerika Serikat untuk menghadiri CES 2016, awal tahun ini. Hasil perjalanan mereka bisa dilihat di:

Blog Pandji

Vlog Andira

 

Percaya atau tidak, yang mereka katakan adalah sebenar-benarnya, dengan maksud, tanpa arahan dari pihak yang mengundang. Saya bisa menjamin itu karena Lenovo pun pernah mengundang saya ke Beijing tahun lalu. Lenovo menjamu kami dengan sempurna, tanpa paksaan, aturan, kami dengan senang hati merekam perjalanan kami.

Oleh karena itu, dengan senang hati ketika Lenovo mengirimkan Lenovo P1M untuk di review, karena saya tahu, Lenovo menginginkan pendapat saya sejujur-jujurnya.

 

Ok, mari kita mulai.

 

Setelah menggunakannya selama kurang lebih 2 minggu, Perlu kita atur ekspektasi kita dengan memulai dari harganya. Lenovo P1M, yang merupakan versi murah dari Lenovo P1 akan (atau mungkin saat Anda membaca tulisan ini, sudah) dijual dengan harga sekitar 2 juta Rupiah. Ekspektasi kita harus disamakan dengan smartphone dengan kisaran harga segitu. Bukan Flagship, bukan yang terhebat.

 

Apa yang bisa kita dapatkan dari smartphone 2 juta Rupiah?

Layar?

Layar 5″ dengan resolusi 1280 x 720, 15 juta warna, IPS. Pendeknya? Cukup tajam! Ukuran 5″ pun adalah ukuran yang paling populer saat ini di market, walau trennya memang makin membesar.

Kekuatan?

Well, di sini mungkin yang agak pas, atau pas-pasan. Prosesor MediaTek 64-bit Quad Core dengan kecepatan 1 GHz, RAM 2GB dan tempat penyimpanan 16GB memang pas-pasan. Bagi saya, flagship Android untuk benar dipakai nyaman harus memiliki RAM 4GB. Tapi tentu, harga tidak akan 2 juta Rupiah.

Kamera?

Yah, 8MP kamera belakang dan 5MP kamera depan? Monggo dilihat saja hasilnya.

 

IMG_20160123_155525

IMG_20160123_155534

IMG_20160123_155613

 

Lalu, istimewanya apa?

DAYA! (bukan Daia, bukan pula Fadli Zon)

Bukan kekuatan prosesor, RAM atau besarnya tempat penyimpanan, tapi tenaga! Tenaga yang saya maksud di sini adalah kekuatan baterai. Ada 3 hal yang menunjukkan mengapa saya bilang bahwa smartphone ini kuat di baterai.

Ukuran – Baterainya berukuran 4000 mAh. Iya, 4000 mAh.

Quick Charge – Lenovo menjanjikan full charge dari keadaan benar-benar kosong secepat 2 jam 40 menit. Mungkin cocok untuk kita yang tidak perlu meninggalkan smartphone untuk charging semalaman, lalu hanya dicharge ketika bangun subuh, sampai tiba waktunya beraktifitas. Tapi tunggu, siapa tahu, bertahan lebih dari 1 hari? 😉

OneKey Power Saver – P1M memiliki 1 tombol fisik yang khusus didedikasikan untuk menghemat baterai. Tombol ini terletak di samping dan merupakan toggle. Slide ke atas artinya mengaktifkan OneKey Power Saver. Cara kerja Power Saver sebenarnya cukup sederhana. Saat dinyalakan, layar akan berubah menjadi hitam putih, dengan membatasi jumlah aplikasi yang bisa dijalankan, yaitu Phone, Contacts, Messaging, Calculator, Music dan pilihan antara Chrome atau Facebook. Selain itu, ada penunjuk waktu yang cukup besar, sisa baterai dalam satuan waktu dan icon untuk toggle wifi dan mobile data.

DSCF4680

 

Konsep OneKey Power Saver masuk akal. Karena memang aplikasilah yang memakan banyak daya. Aplikasi seperti Path, WhatsApp, Facebook, browser apalagi games  yang kita mainkan secara konstan memang boros. Oleh karena itu, saya pun tidak menyarankan untuk mengisi pilihan aplikasi terakhir baik dengan Facebook ataupun Chrome.

Satu kekurangan dari OneKey ini adalah susahnya diaktifkan bila menggunakan casing bawaan dari Lenovo Vibe P1M. Lebih baik, kita tidak pakai casing.

DSCF4681

Sedangkan 1 hal yang aneh dari baterainya adalah bahwa bentuknya yang seperti bisa dilepas, tetapi sebenarnya kita tidak disarankan untuk melepasnya. Well,…

DSCF4689

 

Beberapa yang perlu diketahui adalah selain memberikan casing sebagai bonus bila Anda membeli P1M, Anda juga akan mendapatkan screen protector. Dan yang perlu diketahui lainnya adalah smartphone ini bisa menggunakan 2 SIM card dan micro SD hingga 32GB.

1 lagi, Lenovo Vibe P1M ditargetkan untuk pasar India duluan, sebelum akhirnya Indonesia. Jadi, kalau mencari review di YouTube, akan banyak review asal India dimana mereka menyebutnya bukan Vibe,… tapi… WIBE?

 

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  • Kurang merekomendasikan yg white edition karna case belakang nya gampang kotor dari hardcase bawaanny dan sulit untuk di bersihkan