Ternyata, #AyraAyuanjani Tongue Tie & Lip Tie

Apa itu Tongue Tie? Apa itu Lip tie?

Tongue Tie, atau Lidah Dasi atau Lidah Pendek adalah kondisi di mana lidah terbatas gerakannya karena adanya selaput yang mengikatnya. Lebih jelasnya ada di sini. Lip Tie atau Bibir dasi pun tidak jauh pengertiannya, hanya lokasinya adalah di balik bibir atas.

Ayra mengidap keduanya.

Ini bukan kondisi serius. Akibat dari keduanya adalah Ayra agak susah dalam menyusui. ASI dari Nucha cukup banyak, namun Ayra menyedotnya agak kurang. Gerakan bibir yang terlalu cepat mengakibatkannya cepat lelah dan mengantuk. Lebih dulu tidur sebelum kenyang. Akibatnya Ayra lebih sering bangun untuk minta makan. Kondisi ini sebenarnya masih oke untuk bayi, karena Ayra masih bertambah beratnya. Namu, kerja keras untuk kami, orang tuanya yang mengurus Ayra tanpa babysitter.

Daripada Nucha terlanjur sakit karena kecapean, atau mungkin ASI yang berkurang karena stress? Kami sepakat untuk menjalani insisi atau istilah medisnya Frenotomy. Frenotomy adalah proses pemotongan selaput tadi! Ngeri? well,… Ternyata lebih baik dilakukan sebelum 1 bulan, sebelum bayi bisa merasakan sakit yang lebih hebat lagi. Prosesnya, seperti di Vlog.

Jangan khawatir, Ayra sekarang menyusu lebih banyak, tidur lebih pulas, lebih lama, begitu juga dengan kedua orang tuanya!

So far, it’s the right decision to take. We’re happy 🙂

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

  • Assalamu’alaikum ..
    Mas ario salam kenal ..
    Sya bulqis .. anak sya juga ada lip tie nya .. diinsisinya sama dokter siapa mas klo boleh tau?
    Bagaimn kabarnya ayra sekarang? Apakah setelah insisi BB ayra semakin naik? Terima kasih sebelumnya ..