Logitech Bluetooth Keyboard K480 dan K380: Review dalam Video

Logitech kita kenal sebagai perusahaan pembuat aksesoris gadgets. Entah itu keyboard, mouse, speaker, headphones, dll. Sebagai market leader untuk keyboard dan mouse, sudah selayaknya kita coba, setidaknya, keyboard terbaiknya (hingga saat ini) yang ada di pasar.

Walaupun kebutuhan kita untuk memiliki lebih gadgets sekarang sudah lebih dari 1, 2, bahkan 3 device, tak bisa dipungkiri bahwa metode pemasukan data terbaik dalam hal mengetik masih paling mudah menggunakan keyboard ukuran normal. Ukuran normal keyboard yang nyaman menurut pendapat saya setidaknya memiliki lebar 40 cm untuk kepentingan mengetik 10 jari, bukan 11. Pernah saya mencoba keyboard untuk tablet berukuran 8″ namun ternyata susah! Bahkan untuk saya yang tergolong tidak besar, 164cm – 61kg, dengan ukuran tangan yang yaa.. kecil.

Dan..

Walaupun begitu banyak smartphone yang menyediakan pilihan mengetik, entah itu dengan layar atau keyboard fisik mungil yang penggunaannya hanya maksimal dengan 2 jari, tetap yang tercepat dan paling efektif untuk mengetik adalah dengan menggunakan keyboard ukuran normal.

At least, that’s what I think.

Nah, bagaimana bila Logitech menyediakan pilihan untuk kita bisa menggunakan keyboard ukuran normal ini untuk tersambung melalui bluetooth, ke 3 device kita?. Bisa itu smartphone, tablet dan tentunya laptop. Kita tes! Video tadi menggambarkan perbedaan antara K480 dan K380.


Downside?

Yang belum saya masukkan dalam video itu adalah bahwa K480 bagus memiliki tempat untuk menaruh smartphone & tablet. TAPI… 2 hal yang dikorbankan adalah, ukuran yang menjadi lebih besar, dan bila kita menaruh smartphone dalam keadaan tegak, berdiri, artinya kita menutup akses untuk menggunakannya sambil mengisi baterai smartphone/tablet tersebut karena kebanyakan smartphone lubang chargingnya ada di bagian bawah.

K380 ? Kecilnya memang memudahkan untuk dibawa-bawa. Tapi untuk menyempurnakannya, tablet atau smartphone yang kita gunakan harus memiliki stand, atau casing yang bisa memposisikan smartphone/tablet kita, berdiri.

Well, ini adjustable. Artinya posisi bisa saya serahkan lagi ke kreatifitas kalian untuk menggunakannya.

 

 1 hal yang menarik yang dijanjikan Logitech adalah daya tahan baterainya. 2 tahun! I don’t buy it, to be honest. Saya harus mencobanya dulu dong. 1 hal yang mereka banggakan adalah kemampuan K380 & K480 untuk menonaktifkan dirinya sendiri bila sedang tidak digunakan.

 

Well, mungkin dalam 2 tahun, atau lebih cepat dimana baterainya habis, saya akan menulis lagi?

Sementara itu, nikmati videonya. Like dan Subscribe, bantu saya untuk membuat review berikutnya. 😉

Cheers,

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *