vivo X3S – Hi Fi Phone. For Your Ears only.

vivo X3S – Hi Fi Phone. For Your Ears only.
Soal musik, gue lagi doyan nyoba MixRadio disaat gue lagi ga tau mau denger apa, dan Rdio disaat gue tau lagu spesifik apa yang mau gue denger. Apalagi saat WWDC kemarin, Apple mau launch Apple Music 30 Juni 2015 besok, gue ngerasa perubahan dalam menikmati musik.

Musik legal gak lagi mahal.
Musik legal gak lagi ribet.

Dulu (banget) kita harus beli kaset (iya, kaset) atau CD. Kaset, yang kalau mau mendengar dari awal, harus di tusuk dengan pensil, lalu kita putar bagian tengahnya sampai mentok. CD, yang sangat rapuh terhadap baretan. Atau, masih ingat main ke Aquarius Mahakam untuk minta dikompilasikan lagu-lagu kesayangan?

Dulu (tidak terlalu lama) adalah jaman kita harus download lagu. Era Napster, LimeWire, AudioGalaxy, mIRC, siapa yang mengalami? Well. Menyenangkan memang, dan murah, tapi ilegal. We kinda feel something hanging, yeah, coz we’re doing the wrong thing! :))

Sekarang, musik dinikmati secara streaming, atau mendownload dengan membayar per lagu atau per album. Mudah, affordable dan tanpa perasaan bersalah

Berhubung musik semakin mobile, makdarit SmartPhone juga harus mendukung. Kebetulan gue lagi dipinjemin vivo X3S, katanya kece nih suaranya. Slogannya, “Hi-Fi & Smart”! It’s only right to test it with!

Jadi gue tes nih. MixRadio dan Rdio. Semua dengan lagu yang sama, headphone yang sama. Gue tes pake Bang & Olufsen Form 2i, dibandingkan dengan iPhone. Ada bedanya. Tapi mungkin tidak signifikan untuk yang tidak membandingkan langsung. Gue ngerti, klo bukan reviewer, ngapain juga banding-bandingin beda sound 1 smartphone dengan smartphone lain, rajin amat. User peduli antara bagus, atau gak aja, bukan?

Gini, begonya gue, ternyata fitur Hi-Fi belum bisa dimanfaatkan MixRadio & Rdio. Dalam aturan settingnya, Hi-Fi bisa diaktif-nonaktifkan untuk iMusic dan Video (2 aplikasi bawaan vivo X3S) dan YouTube. Nah, gue tes deh di YouTube. Musik-musik Bondax lah yang sementara jadi kelinci percobaan. Dan hasilnya….. JEDANG! Dentuman bas lebih dalem, suara lebih kaya, lebih berwarna. Jelas banget! asli!

“Terms & Conditions”nya memanfaatkan Hi-Fi nih
1. Pake Earphone/HeadPhone
2. Akan lebih mengkonsumsi baterai (bisa di non aktifkan kalau tidak terpakai)
3. Lebih baik di file audio dengan format APE, FLAC, WAV atau MP3 320Kbps.

Yang menarik juga dari vivo X3S adalah fitur yang mereka namai, “Smart”. Dalam keadaan layar mati, (tentu dengan setting dulu di Smart Motion), bisa melakukan:

– Swipe ke atas untuk Unlock
– Swipe ke bawah untuk mengambil foto.
– Swipe “C” untuk melakukan panggilan.
– Swipe “E” untuk memulai Browser.
– Swipe “W” untuk memulai WeChat.
– Swipe “M” untuk memulai iMusic
– dan beberapa pengaturan lainnya yang bisa di custom.

Ide yang menarik, memang. Sayangnya pengoperasiaannya agak sedikit lambat. Bisa jadi ini disebabkan oleh RAM 1GBnya yang agak berat sehubungan dengan banyaknya aplikasi yang aktif di background.

vivo X3S cukup tipis, tapi bukan yang tertipis, tapi cukup nyaman. Desain tampilan belakangnya sekilas mirip iPhone 5/5S yang diperbesar. Interface launcher FunTouch OS 2.0 sangat terasa seperti iOS, apalagi di interface pengaturannya yang berlatar belakang putih.

Sebenarnya prosesor Octa Core 1.7Ghz cepat, sayangnya RAM terbatas di 1GB. Mungkin karena ini juga vivo menyediakan iManager, aplikasi yang mengatur pendistribusian RAMnya. vivo X3S pun tidak ada ruang untuk micro SD atau mengganti baterai. Well, ini pun dapat diperdebatkan dengan kualitas micro SD di pasaran yang bisa dipertanyakan dan… ini harga yang harus dibayar demi ketebalan dibawah 6mm, 5.95mm tepatnya.

Suara, yang menjadi faktor krusial buat gue dalam memilih SmartPhone Android berbasis Jelly Bean ini (4.4.2). Yup. That Hi-Fi part can make a difference. Kualitas suara yang sangat bagus untuk harga dibawah 3 juta rupiah.

There you go. Well, don’t take my word for it, give it a shot. Lebih lanjutnya bisa dibaca di http://vivoglobal.id/product/x3s/

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *