Nokia Mix Radio: Streaming Musik Gratis?

Nokia Mix Radio: Streaming Musik Gratis?
Kita sudah diberikan pilihan untuk streaming musik di Indonesia oleh beberapa aplikasi seperti Rdio, Guvera, Deezer, OhDio, atau yang kalau mau repot menggunakan VPN, Spotify. Lalu, apa bedanya MixRadio? Pendeknya, MixRadio gratis! Tapi ternyata bukan itu saja. Ayok, bahas!

MixRadio yang dulu dipegang khusus oleh Nokia, kini hadir di iOS dan Android. Sadar, bahwa market pengguna Smartphone memang di iOS dan Android (selain Windows Phone, tentunya). Dulu gue pun ngefans nih sama MixRadio, tapi sayangnya gak bisa pamer ke banyak teman karena cuma bisa di Lumia 930 saya. Sekarang, dengan senang hati menganjurkan semua untuk mencobanya.

Perlu diketahui bahwa MixRadio kini bukan lagi Nokia, ataupun Microsoft. MixRadio kini adalah bagian dari LINE Corporation. Kaget? Well, gak juga sih. LINE Menurut gue masih senada dengan langkah “AADC” dan “Nic & Mar” mereka dan.. LINE duitnya banyak!

Database lagu MixRadio berjumlah sekitar 35 juta. Puluhan genre musik dan ribuan artis. Mungkin bisa bertahun-tahun mengejar seluruh koleksi mereka. Hadir di 31 negara, yang artinya koleksi ini juga mencakup lagu Indonesia dan mungkin, if you’re into it, Indian? Tapi, orang macam apa yang menyukai Heavy Metal, Keroncong dan Religi bersamaan? Saya mau kenalan!

Jamie Robertson, Director MixRadio for APAC, melakukan demo di acara prescon yang barusan gue datengin di Foodism, Kemang. Dia menunjukkan demo menciptakan mix dengan memilih 4 genre: Dangdut, Keroncong, Religi (just to be funny) dan menambahkan dengan Rock. Tebak apa yang muncul di list artis barisan pertama, urutan ke 3? Taylor Swift! Ok. algoritmanya masih butuh belajar. Tentunya dengan semakin banyak artis yang kita pilih.

Jamie & Marcell, S I T T I N G (sing it!)

Fitur menarik lainnya adalah kita bisa menciptakan 4 mix berdasarkan selera sendiri yang bisa ditarik offline. Artinya, berhubung negara tercinta ini agak sensi kalo urusan data, jadi boleh nih kita dengerin di saat kita out of reach dari per-wifi-an. Terbatas sampai 4 mix, maksimal 2 jam dan di setiap mix, hanya boleh skip lagu maksimal 6 kali. Gue gak keberatan sih sama batasan itu. Wong gratis, mo ngelunjak?

Yup! paling gong sih gratisnya itu. Layanan lain berbayar, mereka gratis. tis. tis. tis. Dengan catchnya? ada banner iklan, yang saat ini isinya masih berkisar ajakan untuk like FB page, follow twitter dan kunjungi page MixRadio. Kedepannya tentu akan menjadi iklan dari brand lain. Di sini lah mereka akan mengeruk revenue. Sedikit lebih jauh kedepan lagi, tentu pilihan berbayar yang mungkin menawarkan kualitas audio yang lebih bagus dan tanpa iklan. “Obviously, like, duh” (dengan nada abege amrik).

Anyway, lets give it a shot. Gue udah make kurang lebih 2 minggu. Coba dulu appsnya, gratis ini. Gue pengen tau feedback lo. Taro feedback, good or bad, di bagian komen ya. This could be my next favorite app. 🙂

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments