Being Organised with Your Money? Damn That’s Tough!

Being Organised with Your Money? Damn That’s Tough!
Berapa dari kita yang merasa gaji tidak pernah cukup? Pengeluaran bertambah terus? sehingga pendapatan selalu merasa kurang?

Tenang, ini bukan tulisan motivasi tentang “uang penting, tapi bukan segalanya”. Gue ngerti kok uang penting, dan gue pribadi, gak jago berhemat! Jadi gimana? I need to earn more.

I believe having 1 source of income is never enough. Sounds ambitious, I know. Tapi menaruh semua telur di 1 keranjang, adalah resiko yang saya tidak sanggup tanggung. Jadilah saya memiliki beberapa usaha, menaruh investasi di beberapa lembaga keuangan, sampai menulis.

Ok, mencari pekerjaan tambahan memang tidak mudah, tapi bagi yang sudah dapat pun, tetap terorganisir juga tidak gampang. Nah loh! Gini, soal mencari pekerjaan tambahan, kita bisa bahas di lain waktu, tapi disini, sekarang, saya akan membahas bagaimana stay in control dengan “penghasilan tambahan” ini.

I can’t afford a personal assistant to maintain my schedule, apalagi uang gue! Jadi, mengenal diri sendiri, saya berpaling ke teknologi.

Dalam mengatur uang, staying on track is very challenging. Saya bukan seorang akuntan dan tidak mudah untuk mengatur keuangan sendiri. Beberapa minggu lalu saya menemukan aplikasi bernama CashFlow di Android. Aplikasi buatan Commonwealth ini berfungsi untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan, tapi dengan sangat sederhana!

Aplikasi gratis yang tersedia untuk Android & iOS ini ada untuk mengingatkan kita penerimaan yang belum ditagih dan pengeluaran yang belum dibayarkan. Kata kunci: mengingatkan! Ada remindernya. Berguna banget untuk yang sudah termakan faktor U #NoteToSelf

Tanda + melambangkan pemasukan sedangkan tanda – melambangkan pengeluaran. (Android)
Sedangkan di iOS, hanya ada tanda +, lalu user bisa memutuskan apakah itu “Money In, or Money Out”

Nah, kalau membutuhkan fitur yang lebih, seperti langsung transfer bebas biaya dari dalam aplikasinya, user bisa mendaftar menjadi nasabah CommonWealth.

I think its simple, its noble, its effective.

Aplikasi yang menggunakan prinsip Human Centered Design ini memudahkan kita yang mempunyai laporang keuangan pribadi yang cukup rumit, jadi sedikit lebih mudah. Kenapa saya bilang sedikit? Cashflow hanya membantu menyediakan alatnya, sedangkan penggunanya, kita, harus tetap disiplin melakukan inputnya. Duit kita, kita juga yang harus menjadi motornya, iya kan?

Easy for me to say :))
Cashflow brings us 1 step closer to the ultimate discipline. That is being organised with your money! Ha!

 
Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *