The iPhone 6, THE iPhone 6 (Review)

The iPhone 6, THE iPhone 6 (Review)
“iPhone 6 bengkok!”
“iPhone 6 mahal!”

“Lo belom review ya?”
“Review dong Yo, kalo bagus, gue beli..”

..

.

Lucu memang Apple ini. Begitu kuatnya brand yang dibentuk oleh Steve Jobs, tak peduli berapa banyak black & negative campaign yang disembur dari segala penjuru, laku juga. Apa saja sih, yang disemburkan?





iPhone 6 bengkok, bent!

Terlintas untuk memasang lagunya Matchbox 20 di latar belakang, karena itu jauh lebih mudah daripada membengkokkan iPhone 6 atau 6+. Video diatas menunjukkan hasil bengkok iPhone 6+ yang tampaknya begitu mudah. Sayangnya, tidak dengan pembanding. Dulu banyak tuh smartphone drop test, sekarang jamannya bent test. Gue belom liat yang pesaingnya coba dibengkokin juga.

Naah, video di bawah ini lebih ilmiah, ada angka besarnya tekanan, dan pembandingnya.



iPhone 6 Mahal!
Mahal itu relatif sih. Relatif dengan keadaan ekonomi masing-masing, relatif berbeda di beberapa negara, daaaan.. relatif dengan yang kualitasnya. 
Gue gak akan pernah nyaranin beli diatas recommended retail price. Yang artinya, demi mendapatkan iPhone duluan, lo rela bayar 3-5 juta lebih mahal daripada harga yang ada di website resmi Apple. Amit-amit! jangaaan! 
Harga iPhone 6 di beberapa negara saat launch adalah: (di compile oleh Couch Avenue)
Saran gue, nitip temen! US termurah, HK mending, Australia lumayan mahal. Pastikan itu unlocked, bukan under contract (Di US pun ada kok). Jangan lupa sekalian nitip screen protector & casing. Karena nyampe sini akan lebih lama. Gue gak mau nebak-nebak kapan iPhone 6 akan resmi ada di Indonesia. 

iPhone 6 gak breakthrough, biasa aja

Setuju sih, memang semua fitur sudah pernah kita dengar, bahkan coba di perangkat lain. NFC, Optical Image Stabiliser (iPhone 6+), bigger screen, .. Bahkan sudah ada yang membandingkan dengan Nexus 4.

Mungkin agak dramatis membandingkan dengan Nexus 4. Dari harganya, harusnya sudah menunjukan kualitas perbedaannya. Mungkin yang saya maksud kurang lebih dimuat di tautan ini… (((TAUTAN)))

Tapi seorang fanboy pernah bilang ke gue: “Moso mau bandingin Electrolux sama Maspion?”. :))

Gue tetep setuju bukan breakthrough memang. Yang akan benar breakthrough adalah Apple Pay kalau berlaku di seluruh dunia, bagaikan Visa, MasterCard & Amex. NFC memang sudah ada di banyak telp lain, tapi yang mana yang menggunakannya secara maksimal sebagai alat pembayaran?

Saat peluncuran iPhone 6, Apple mengaku akan mengimplementasikan Apple Pay ke ribuan outlet. Kalau itu terjadi, apalagi di seluruh dunia, termasuk Indonesia,.. baru deh, Jedang!!

Sisanya, iPhone 6 hanya penyempurnaan dari iPhone-iPhone sebelumnya.

Beli iPhone 6 atau iPhone 6+?

iPhone 6 dan 6+ cuma ada sedikit perbedaan. 3 hal lebih tepatnya.

  1. Fisik. iPhone 6 layarnya berukuran 4.7″ sedangkan 6+ berukuran 5.5″. Akibatnya, pixel density, berat, ukuran juga otomatis berbeda. Ini kembali ke preference pengguna sih. Ada yang suka besar, ada yang suka kecil. Ada yang suka panjang, ada yang suka pendek., … ini masih ngomongin iPhone kan?
  2. OIS – Optical Image Stabiliser ini hanya ada di iPhone 6+. Mungkin alasannya adalah ukurannya yang besar, mengakibatkan iPhone 6+ lebih susah dikendalikan, makanya Apple menaruh OIS di dalamnya, biar lebih stabil gitu, ganti. 
  3. Yaaa… Harga.

Pendapat gue..

Gue masih butuh membiasakan genggam iPhone 6. Karena ukuran, ngetik 1 tangan jelas gak semudah di 5S. Beberapa navigasi juga masih ada di atas, seperti back pada browser, double tap untuk ke top of the page, notification center, semua masih diatas. Jadi kalau sehabis ngetik dibawah, untuk jari mencapai keatas, belum terbiasa. Dan, iPhone 6 licin! Saat jari jempol berusaha navigasi keatas, iPhone 6 itu bisa jatoh.

Maklum, jari gue pendek kali ya…
Ada yang suka pendek, ada yang suka.. .aaahhh..

Yang jelas juga berbeda sih udah pasti ini iOS8. Ada sedikit pengalaman yang berubah. Ngetik (in English) lebih gampang dengan SwiftKey Keyboard. Terima kasih Apple yang sudah membuka API keyboard ke developers.

Tapi iOS8 ini belum sempurna. Notifications suka nyangkut, Wifi bermasalah dan kadang2 restart. Padahal sudah 8.0.2.

Kamera bagus! lebih bagus daripada 5S. Walaupun masih sama 8MP, tapi iPhone 6 sudah menggunakan sensor yang berbeda. Ini salah satu hasil kameranya, tentang #HiddenPark kemarin.

But, overall, karena harganya begitu mahal, gue sih gak saranin beli. Kecualiii.. emang situ ada budget berlebih misalnya, atau mungkin hadiah. Jangan maksain kalo harus keluar budget. Gak segitunya kok 😉
Or.. if you insist, you can buy it here

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments