Pemilu di Mata Ario.. ?

Pemilu di Mata Ario.. ?
Besok, 9 April 2014 kita nyoblos.
Gak terasa ini sudah ke 3 kali kali gue akan nyoblos. Iya, gue tua, tau.

Taun ini mudah-mudahan menjadi taun gue akan melek politik. Well, lebih melek dari sebelumnyalah setidaknya. Dulu, antara ngikut orang tua atau temen. Sekarang gue mau punya pemikiran sendiri, diskusi dengan istri yang kebetulan adalah pengamat politik (she has a master in politics & teaches politics to undergrad students as well, @nuchabachri, yeah I’m that proud) dan berharap bisa memilih dengan benar. Benar dalam arti, bersih dan baik.

Gue percaya, pejabat yang korup itu terjadi karena 2 hal:
1. Karena yang milih, salah pilih.
2. Karena yang golput, buang kesempatan untuk milih yang baik.

Pertanyaanya, yang baik itu yang mana?

Sistem memang sangat membingungkan. Kita harus memilih 3 institusi. DPR, DPD dan DPRD. Bila kita mencoblos partainya saja, suara akan beralih ke calon dari partai tersebut yang memiliki suara terbanyak. Bila kuota sudah terpenuhi, akan lanjut ke calon berikutnya dengan jumlah suara terbanyak berikutnya. Inget, DPD itu tanpa partai, jadi bener harus pilih orangnya. Ribet?

Intinya gini:
DPR & DPRD: Pilih partai boleh, pilih orangnya boleh.
DPD: Pilih orangnya.

Nah, orangnya yang mana? Lagi-lagi.. yang baik yang mana? yang gak akan korupsi, akan mewakilkan kita, mengemban tugas dengan baik. Kita gak akan pernah 100% pasti akan itu semua, tapi gini, yang gue akan lakuin adalah, make an effort, research, research & reasearch.

Jangan cuma tidak golput, ayo pilih yang baik. Research.

Jaman sudah kece nih, semua serba gampang. Internet & Google membantu banget dong jelas. Atau lebih kecenya lagi, samperin calegnya kalo kenal, interview langsung kaya @dondihananto & @mrshananto interogasi @YogaDCahya.

Nih ya, gue list beberapa website yang bisa bantu pilih (karena KPU.go.id agak membingungkan):

1. Jariungu.com
2. AyoVote.com
3. App.orangbaik.com
4. MajuIndonesia.com
5. Bersih2014.net
6. CheckYourCandidates.org
7. Pemilu.walhi.or.id
8. Empu.info


9. WikiKandidat.com

Selain itu, juga ada app seperti:

Android:
1. bit.ly/orangbaikapp
2. bit.ly/pemiluhoreapp
3. bit.ly/onevoteapp
4. bit.ly/pemiluaplikasi
5. bit.ly/calegstoreapp
6. bit.ly/hayunyoblosapp

iOS:
1. bit.ly/pemilu2014app
2. BisaNyoblos

Gue pribadi nyobain keliling OrangBaik, JariUngu, AyoVote & CalegStore. InsyaAllah nemu calon yang mau gue pilih. Dapet rekomendasi dari beberapa teman juga, kita akhirnya bisa nentuin pilih siapa.

Tantangannya pun banyak. Gue belom dapet undangan, belom terdaftar di DPT, cek di app BisaNyoblos nama gue belom ada. Artinya, besok gue & Nucha harus dateng 2x. Jam 7-9 pagi untuk daftar dengan bawa KTP/KK or Passport. Trus 1 jam sebelum tutup, Jam 12, dateng lagi dengan harapan ada kertas suara sisa. Bener gak? We’ll see tomorrow.

Pemerintah pengen ngurangin jumlah golput. Tapi kayaknya KPU kurang sejalan? I don’t know, maybe its just me. Tapi gue cek ke RT gue, banyak yang belom terdaftar.
But I’m not giving up. I’ve done my research, I will vote! We will vote! Its THE time for me to contribute for the nation. The least I can do. The least we can do,.. right?

Saya pilih siapa?

Untuk presiden, gue adalah relawan mas @aniesbaswedan. Tapi posting blog ini bukan gelap mata untuk kampanye mas Anies. Gue sendiri gak nemu calon demokrat yang gue suka (padahal Mas Anies, kalo menang konvensi, Demokrat akan membutuhkan suara untuk mencapai Parlimentary Threshold untuk mencalonkan beliau, bingung kan?) Dilema ini gue bawa untuk gue tanyain langsung ke Mas Anies di #MengadiliAnies kemarin di Soehanna Hall. Mas Anies menjawab bahwa saya harus mengutamakan untuk memilih orangnya. #OrangBaik. Nah, berarti mas Anies legowo untuk tidak memberi suara ke demokrat bila memang tidak layak bagi pemilih. Kepentingan negara diatas kepentingan partai, atau pribadi Mas Anies. Salut 🙂

Lengkapnya bisa dilihat di live.aniesbaswedan.com

Akhirnya, insyaAllah pilihan saya jatuh ke @YogaDCahya untuk DPR, @RommyAKJ untuk DPD dan @YukeYurike untuk DPRD. Kenapa? Adaaaa deeeeehh… Pendeknya saya percaya mereka orangbaik. InsyaAllah gak salah. Kalo salah, postingan ini akan tetep ada 5 tahun kedepan dan gue akan nangis baca postingan ini kalo sampe mereka korupsi atau akhirnya….. tidak baik :’)

Abis itu? cari diskonan deh :))

*posting politik? Masih berbau teknologi kok. I researched politics, my techy way 😉
*gue bukan ahlinya
*sebelom diprotes x))

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  • Saya juga nggak terdaftar di DPT.
    Buat saya, menentukan pilihan dalam Pemilu mirip mengerjakan soal multiple choices yang saya nggak begitu yakin mana jawaban yang benar.