Review: Blackberry Z10, after 2 weeks of usage..

Hari ini cuaca lagi-lagi bikin bingung. Sangking panasnya tadi siang, sampe bikin gw mikir mo jemur batre semua gadget gue di atep. (yang ngerti ini pasti … TUA!). Eh sekarang ujan! dasar labil! Virgo! SBY!

Inget preview Z10 gw sebelomnya? I got myself a Blackberry Z10, finally,..
Alasan dasar sebenernya simple. My Bellagio just needing an update. Terlalu banyak contacts & grup di BBM. well, dan banci gadget baru juga sih sebenernya. (a.la.san)

Oke, seobjektif mungkin akan gw review Blackberry Z10, blackberry yang harusnya jadi “make or break”, “do or die”, lifeline untuk blackberry nih. Poor blackberry, yang baru aja ditinggal co-foundernya, Mike Lazaridis beberapa hari lalu.

Form Factor
This is just a slight improvement, yang maskud gw adalah hal yang sangat subjektif. Kalo suka layar gede ya pasti Z10 ini jauh lebih bagus dari seluruh blackberry sebelumnya. Layar yang besar, lebih jernih dan yang pasti gak seberat Storm.

Gw suka juga back covernya (tutup batre) yang menurut gw, anti selip (iya, bukan cuma kolor doang yang bisa anti selip). Gw suka bahwa dia nyediain colokan mini HDMI, walaupun gw blm pernah pake.

Gesture
Pengalaman awal-awal make Z10 adalah belajar Gesturenya. Gesture itu gerakan yang bisa dipake untuk berinteraksi. Contoh: Beliin cincin, ngajak kawin pacar. AH!
Seriously, gesture-gesture nya adalah…
(semua dilakukan dari luar layar)
slide ke atas: kembali ke home (aplikasi yang aktif)
dari situ, slide ke kiri: ke aplikasi yang terinstall
dari situ, slide ke kanan sampe mentok: HUB.
slide ke bawah: shortcut untuk matiin screen rotation, wifi, connections, dll

Ini iPhone 5 gw pun belom bisa. Android pun baru bisa dari atas, ..
Lu.ma.yan!

HUB
HUBnya ini juga juara. menggantikan aplikasi messaging (email), yang udah gak ada di list aplikasi yang terinstall. Artinya, Built in! Lo juga bisa filter mo liat email aja berdasarkan akunnya? twitter? BBM? LinkedIn? sampe kerennya, ada Evernote!

Kalo liat ada aplikasi “Remember”, itu apps buat nyatet di Z10 yang ternyata adalah Evernote. Berguna banget kalo udah pake akun Evernote. Integrated! tanpa install Evernote lagi. Tapi akibatnya, fiturnya gak sebanyak Evernote.

Selain itu, masih ngomongin integrated, Z10 juga siap integrated ama cloud storage DropBox & Box. Maksudnya, File Managernya, bisa kita konekin ke 2 cloud storage itu! Its a plus 🙂

Predictive Keyboard
Ini kan yang ditunggu2? Bisa gak sih BB touch screen nyaingin BB qwerty?
Z10 ngeluarin teknologi predictive keyboard, yang (katanya) gak ada di OS lain.
di setiap huruf yang kita ketik, dia
Jujur, gw akuin ini hebat. Awalnya kata2 yang terekam memang kata2 di bahasa Inggris, dan merekam kalimat2 yang paling sering di pake.

… Bingung? Nih contoh videonya, bukan video gw tapi..

Canggih kan? gimana kalo bahasa Indonesia? Kerennya, Z10 juga ngerekam ketikan kita. Kata apa yang paling sering kita pake, nah dia akan “nebak” itu!

Well, Z10 gw ngerekam beberapa jenis ketawa: “Haha”, “Hahaha”, “Hahahahahahaha..”,” Hahahhhaha”.. ,.. (I could go on, really)

TAPI… sepinter-pinternya keliatannya teknologi ini, gw tetep lebih cepet ngetik tanpa predictive text :D. Lo yang udah kebiasaan juga bakal ngerasa hal yang sama, trust me! (unless you are one of those om-om who still buy a Blackberry in the name of status & still wear those thing hanging around your belt to carry your Blackberry, wait, thats my Dad 😐 )

Apps
Aplikasi Blackberry masih terbatas. Masih saingan sama Windows Phone untuk menuh2in list appsnya dan balapan kerja sama developer lokal untuk ningkatin jumlah Appsnya.

Tapi, seperti Playbook, Z10 bisa porting aplikasi Android! artinya, Aplikasi Android bisa di install disini. Sweet!! Ini nutupin “kekurangan” appsnya Z10.

Caranya?
Mac
Windows

Wrap Up
So? Well, bagi gw, ini adalah Blackberry terbaik yang ada! Udah gak ada jam pasir, cabut batre, lambat, etc. Designnya bagus, layarnya bagus, pinter! Kalo lo udah gak tahan BB lo lambat? BELI!  Kalo pengen Path, Instagram di Blackberry? BELI! Kalo pengen 1 handphone? BELI!

Kekurangannya? apps yang kurang, dan, buat gw, qwerty. Gw masih kangen ngetik di qwerty keypad sih. Bikin gw agak males chatting di BB 😀 | So, if can hold it a bit, Blackberry Q10 will be out soon. Predicted: May 2013! Tapi bareng sama S4! Nah lho! x))))

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *