#WWDC2012: New Macs, iOS 6 & Mountain Lion (Part: 1)

Agak telat nih gw.. banyak banget di twitter yang udah ngebahas tentang #WWDC2012, bahkan dari semalem saat live.. twit accounts like @makemac, @engadget, @iclarified, @iboxindonesia kayaknya lancar banget live twit tentang #WWDC2012.. sorry yak gw masih asik nonton tim yang gw dukung bermain dengan skuad yang sangat menyedihkan! tapi yaaa, berhubung I’m a British wannabe.. yaaa..

Jadi semalem tuh gw nobar England vs France di Eden, Planet Hollywood, Jakarta.. tempat yang cukup sepi semalem (yaeyalah Senen maleeeemm, menurut nganaaa?). Tapi sebenernya hati gw gak sepenuhnya di pertandingan itu. Separuh hatiku ada di #WWDC2012.

Apa sih tuh?

#WWDC2012 adalah World Wide Developers Conference 2012. Ajangnya Apple biasanya kalo mau launching (bukan lunching ya, itu udah, kenyaaaang) produk baru. Ini adalah WWDC ke 23 kalinya dan yang pertama sejak kepergian Mr. Jobs. Trus, apa dong yang mau di launch? 3 things: New Macs, iOS6 & Mountain Lion

Presentasinya (atau yang sering Apple sebut Keynote), dibuka oleh Siri, you know.. that talking thing on your iPhone.. dengan nyentil saingan “We are excited with the new Samsung, not the phone, .. the refrigerator” πŸ˜€

New Macs:

Its about time that Apple give an upgrades to its series of Macs. yang artinyaaa…….. “Barang siapa yang sudah kepalang basah menjadi penggemar produk karya perusahaan dengan logo apel tergigit ini, disarankan untuk siap merogoh kantung celana ayah, ibu, rekening istri atau celengan anak untuk meng-upgrade Mac-nya.”  .. panjang ya artinya?

Yang menjadi sasaran untuk dibahas adalah upgrade adalah MacBook Air (MBA) dan MacBook Pro (MBP), Apple mungkin ngeliat ya, Macs yang laku, yang dianggep ya cuma laptopsnyaa. Udah terlalu lama iMacs, apalagi MacPro dapet upgrade. Bagi yang nunggu desktopnya, silahkan agak kecewa karena gak dibahas nih tampaknya di #WWDC2012 semalem. Gak dibahas bukan berarti gak diluncurkan,.. nanti gw bahas

Kita mulai yaa..

(Dari tadi ngapain?)

MBA,
Apple upgrade di jeroannya, isinya, gutsnya, tenaganya, tanpa mengubah penampakan luar. Masih dengan bentuk, warna, berat dan ukuran yang sama persis.

Power:
Processors: What to Expect From CPUs in 2012MBA menggunakan prosesor Intel i5 1.7Ghz (11″) dan 1.8Ghz (13″) jenis Ivy Bridge yang bisa diupgrade ke i7 2.0ghz di Turbo Boost ke 3.2Ghz, 4Mb shared Cache. Perbedaan terletak di Ivy Bridge! Prosesor terbaru intel yang intinya memperkecil proses dari 32 ke 22 nanometer yang berakibat hemat energi tapi justru lebih cepet! gitu deh katanya..
Yang biasanya “overclock”, sekarang jadi “turbo boost”! (keterangan: turbo boost bisa ngangkat kecepatan sampe 1.5xnya)

Selain itu, juga memori yang nambah..jadi 4GB 1600mhz.. lebih cepet lebih dr 2x lipat. Bisa diupgrade juga sampe 8GB. Flash drivenya juga jadi bisa diupgrade sampe 512GB!
Apple sih janjiin itu masih bisa bertahan 7 jam dan 30jam standby.. Nanti ada fitur baru juga di Mountain Lion yang namanya Power Nap yg bisa bikin Macs ini download sambil ditutup.. software update, backup.. bla bla bla…

Connectivity

It upgrades usb 2.0 to usb 3.0.. (siap terima dua-duanya,.. mure amat) truss.. Wifi 802.11n (n itu yang paling baru, bisa nentuin jalur wifi tercepat) Bluetooth 4.0, Thunderbolt dan ada slot SD card. Thunderbolt ini yang belom keliatan gunanya.. well, so far sampe saat ini gw pake untuk masukin konverter ke hdmi atau vga, untuk colok monitor. Katanya nanti akan ada external storage, kamera, yang nyambungnya pake thunderbolt. Kita tunggu!

Camera
Yang suka skype, iChat atau video chat apapun, mungkin akan excited nunggu ini. 720p front camera untuk chatting atau sekedar foto2.. yaaa.. ini semua tergantung dari kecepatan internet juga sih. Semakin besar filenya. semakin berat connectnya.. 720p itu gede lho! πŸ˜›

Sisanya? multitouch trackpad, backlit keyboard.. standar lah.. gw cinta banget ama MBA gw.. tapi untuk upgrade masih mikir2 sih.. kerjaan gw sekitar browsing, twitter, chatting, office & mail.. kayaknya belom butuh upgrade.

Semua dijual dengan range harga $999 – $1499

MBP

Macbook
Pro juga hadir upgrade di sektor yang sama, jeroannya. Apple “ngebunuh”
seri 17″nya.. mungkin udah ga ada yang mau bawa MBP 17″? terlalu gede?
who knows.. I just think they don’t sell as much. Seri 13″ dan seri
15″nya muncul dengan upgrade prosesor maksimum Quad Core 2.7Ghz, Ivy
Bridge juga, turbo boost ke 3.7Ghz. Storagenya sekarang udah pake flash,
sama kaya MBA, maksimum di 750GB and so on.. and so on..

Naaaah.. the big news is.. MacBook Pro Retina Display! (jenis lain diluar yang biasanya tadi) Iya, its the same kind of display used at iPhone 4S & iPad New (3rd Generation). Resolusi 2880 x 1800, 5.1 juta pixel! This is BIG! Prinsip retina display adalah sampe kotak kotak pixelnya ga bisa diliat ama retina mata. And it is, I gotta hand it to you, Uh-MaZing!!

Beberapa aplikasi dibikin untuk maksimalin kemampuan retina. Contoh: Appeture, Final Cut Pro, Mail & iPhoto. Mailnya itu bacanya lebih enak! kerja lebih semangat, gaji naik #apasih

Beda nyatanya juga di sizenya! Jauh lebih tipis! 0.71 inch (=1.8cm) Lebih ringan! 4.46pounds (sedikiiiiiiiiit lebih dari 2kg).. ini pengaruh bwt gw.. yang travelling, harus bawa2! πŸ˜€ this! I like!

ada perbedaan2 yang gak bisa gw liat sekarang.. katanya speakersnya & microphone lebih bagus, gw butuh punya untuk ngetes. We’ll see..

hehe.. gw sampe sekarang juga belom beli iPad yang baru kok.. blm menjadi prioritas.. tapi tergiur banget sih sama MBP Retina. kenapa? karena bwt kerja lebih jelas daripada kegunaan iPad.. dan upgradenya gak cuma ke layar, masih banyak.. Yang bikin gw hesitate tentu harganya.. MBP Retina itu dijual dengan harga $2199 & $2799! HOKIL!!! agak mahal sih.. tapii….. (kentang)

MacPro
Gak dibahas, tapi ternyata dapet update juga..
Kalo MBP itu quad core.. MacPro…….. 12 core!!!! nuff said 😐
Go browse around Apple website yaaa

I’m just gonna break my blogs to few posts… sekarang Macnya dulu, besok iOSnya.. besoknya lagi Mountain Lionnya… biar pelan-pelan, saling mengenal dulu, jangan buru-buru.. Jalanin aja dulu yaaaa πŸ™‚ #kok

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *