NikePlus: when running becomes FUN!

NikePlus: when running becomes FUN!

“I just finished a 5.16 km run with Nike+ GPS.

kira-kira begitu bunyi beberapa twit gw. Sorry yee, bukannya mo nyombong, ada penjelasan yang masuk akal dibalik ini, even might made you doing the same exact thing!

Gw suka olahraga. Gw punya tim futsal (just for fun) yang udah main bareng selama 17 tahun, rutin, seminggu sekali. Temen-temen gw itu penyemangat gw untuk olahraga. Gw juga uda pernah nyoba fitness, yoga, badminton, golf, main sepeda, pingpong & tennis. Nothing sticks like football.. until.. I meet running ๐Ÿ˜€

Lari adalah olahraga paling gampang, efektif dan murah! Gampang, berlari cuma percepatan dari berjalan. Efektif, seluruh tubuh bergerak, membakar lemak dengan cepat. Murah, yang dibutuhkan hanya sepatu (bahkan tanpa sepatu pun masih bisa). Tanpa disadari lari juga olahraga paling “down to earth”. Coba deh, klo kita lari, outdoor ya, perasaan dimana kaki kita nyentuh tanah langsung, ngeliat orang sekitar yang juga langsung menyentuh dengan tanah. It made us feel humbled. No kidding!

The problem is.. running can feel so lonely if you do it alone. Then you add music, or you add friends… feels better. Bagi gw masih ada yang kurang. Goal! tujuan! objektif! Then I add Nike+!

Nike+ atau NikePlus adalah program Nike untuk membuat runners bisa melacak progress larinya dan berbagi dengan teman melalui social media. Runners bisa melacak kemajuan, membuat target bahkan sampai mendapat pelatih virtual (gw lg berlatih untuk bisa mencapai 20km dalam 2 bulan). Runners juga bisa share hasil lari ke facebook, twitter & path. Di Nike+, runners juga bisa bermain tag (kejar-kejaran) dan berkompetisi dengan sesama runners di Nike+. It really does a lot!

Lalu, kok bisa? gimana cara ngukurnya?

LIVESTRONG SportBandYang punya iPhone pasti tau accelerometer ya? inget game labyrinth? game itu menggunakan teknologi accelerometer, semacem senso gerak yang bisa diukur, kecepatan & arah gerak. Teknologi ini diterapkan Nike untuk membuat kreasi pertama mereka, Nike+ sportsband. Ini gelang yang terhubung secara wireless dengan chip yang bisa ditaro di sepatu. Accelerometer ada di chip tersebut. Data di transfer secara wireless ke gelang, yang bisa ditransfer ke komputer lalu ke nikeplus website melalui usb.

Itu tahap pertama, sebelum akhirnya mereka meluncurkan Nike+ iPod. Sebuha aplikasi yang bisa diinstall di iPhone dan tentu saja mengirim data melalui data connection dari iPhone langsung.

Lalu, mereka meluncurkan apps lagi bernama Nike+ GPS. Diinstall di iPhone, dibawa berlari outdoor, nyalakan GPS, dan apps ini akan melacak kita berlari dengan sinyal GPS. Lokasi, jarak, kecepatan di-pe-ta-kan! Gokil nih.. pemicu lari yang luar biasa!!

 They don’t stop there!

Nike+ SportWatch GPS powered by TomTom
Nike hadir lagi inovasi baru. Bekerja sama dengan Tomtom, perusahaan GPS besar yang berasal dari Belanda, menghadirkan Nike+ GPS Sportswatch. Kalau ada yang berpikir agak repot, besar & berat untuk berlari sambil nenteng iPhone, then Nike came with this option! cuma dipake sebagai jam dan nanti diupload melalui usb. Ini juga satu2nya produk Nike yang bisa menghitung heart rate (Polar Wearlink+ Transmitter)

Nike+ FuelBand (Medium)Then.. what? hoho.. masih ada lagi.. the best sports product I’ve seen so far! Nike created Fuelband! gelang juga, tapi gelang ini ngukur jauh lebih banyak kegiatan daripada cuma lari! Lari, Basket, Bola, Dance, Tennis, Badminton.. almost every activities.. kecuali renang (gak tahan air)! Pada dasarnya fuelband juga menggunakan accelerometer yang sudah built in di dalem gelangnya. Fuelband mengukur setiap gerak yang dilakukan tangan! (kalau yang sebelumnya, kaki). Tapi, ini tidak mengukur jarak atau kecepatan. Nike mengambil itungan mereka sendiri yang disebut #nikefuel. yang lalu dikalkulasikan dengan tinggi & berat badan dan mengkonversikannya ke kalori dan langkah. Lagi2 bisa di share!

So far, pengalaman gw make fuelband selama seminggu.. gw produce rata 2000 per hari kalo gak ngapa2in (termasuk puasa).. tapi klo gw lari.. bisa 4000-5000 fuelband.. ini contoh hari gw dengan lari 5km..

Gw pernah reach 5000an dengan lari 10km.. gokil sih klo liat di iklan orang bisa 7500 nikefuel.. skitar hampir 2000kcal dibaka serhari.. pasti perutnya gak one-pack kaya gw ๐Ÿ˜

Lari begini tuh enak! jelas! ada tujuan, ada target, ada achievement.. Klo diikutin bener, it actually can motivate you.. to run longer, stronger, faster… 5k, 10k, half marathon, full marathon (42km) atau.. .. ultrathon? 100km!! ada lho.. I have a friend whose targeting that! HOKIL!
So, what do you say? lets get healthy? ๐Ÿ™‚

Run Ario.. Run…!!

PS: buat yang galau.. Run also heals !! #lahdiacurhat

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment