Twitter! Twit.. twit.. on Media Indonesia

Readers, the following is my article that made it to Media Indonesia Weekend 25-26 July.. Thanks MI 🙂

————————————–

Twitter! Twit.. twit..

Bukan Facebook lagi yang saya lihat pagi-pagi begitu baru bangun, tapi Twitter! Apakah Twitter? Beberapa orang mengeluh, “baru bisa main facebook, eh.. keluar Twitter, apa lagi nih?” Menurut kamus bahasa Inggris, Twitter adalah “a series of short, high-pitched calls or sounds”. Yang dimaksud Twitter disini berupa sebuah aplikasi web based (red: melalui internet browser seperti firefox, internet explorer atau safari), yang membantu pengguna menyuarakan, secara harafiah, “a series of short, high-pitched calls or sounds”. Lebih persisnya lagi adalah seruan-seruan pendek mengenai apapun! Boleh dibilang juga Twitter seperti “status update” dari facebook. Terdengar sederhana? Hanya status update? Hanya shout out? Baca sampai akhir hingga bisa tau “dasyatnya” Twitter!

Setelah terdaftar sebagai pengguna Twitter, pengguna akan dibawa ke halaman utama dimana yang terlihat hanya sebuah kotak kosong dimana kita bisa twit apapun. Untuk merasakan Twitter dengan benar, tentu anda harus follow (ikuti teman), yang membuat kita bisa melihat twit-twit orang yang kita follow. Semakin seru bila itu adalah teman yang kita suka? Atau bahkan benci? Kita bisa tahu apa yang dia lakukan, rasakan, apapun yang dia twit. Atau mungkin, selebritis? Perusahaan? Perkumpulan? Iya, Twitter sudah sangat populer sehingga dijadikan para selebritis, perusahaan, atau apapun sebagai salah satu media public relations gratis mereka. Selebritis dengan jumlah followers yang sudah cukup banyak adalah Oprah Winfrey, Aston Kutcher, Paris Hilton. Atau media seperti CNN, BBC, E, bahkan sampai beberapa perusahaan media di Indonesia sudah menggunakannya. Banyak dari mereka menaruh link di website mereka yang otomatis membuat pengujung follow mereka di Twitter.

Itu belum pemanasan. Twitter memberikan batas karakter dalam setiap twit. 140 karakter adalah jumlah yang dianjurkan untuk menulis Ya, betul, ini sehubungan dengan mempermudah bagi pengguna yang ingin twit lewat SMS. Tentu bisa lebih, tapi sisa dari twit kita akan di potong menjadi berupa link. Namun, mari kita lihat bagaimana kita bisa mengakses Twitter. Mulai dari Browser Internet, SMS, Aplikasi tambahan di smartphone! Saat ini lebih banyak aplikasi Twitter untuk Blackberry. Lebih dari 10 aplikasi Twitter di Blackberry sementara aplikasi Facebook? Hanya 1. Aplikasi-aplikasi ini juga hadir di iPhone, Windows Mobile, Nokia (Symbian), Palm, bahkan yang terbaru, Android. Betapa setiap pembuat aplikasi berlomba untuk kompatibel dengan Twitter!

Semakin banyak fenomena terjadi melalui Twitter, seperti bagaimana akhirnya kata Twitter ini mengalami perubahan di kamus, sampai perpindahan Shaquille O’Neal dari Phoenix Suns ke Cleveland Cavaliers yang Shaq sendiri lebih dulu tahu melalui Twitter yang harusnya dari agennya. Yang menarik juga adalah kejadian dimana Perez Hilton, bukan Paris, yang merupakan komentator selebritis Hollywood, mengadu Twit dengan Black Eyed Peas dan John Mayer! Perez Hilton memang terkenal dengan komentar pedasnya tentang selebritis Hollywood, suatu saat dia “diserang” oleh bodyguard dari Will.I.Am personel Black Eyed Peas. Perez minta pertolongan melalui Twitter, dan mulai lah perang Twit yang juga melibatkan John Mayer dari situ.

Bagaimana di Indonesia? Banyak juga selebritis Indonesia sudah main Twitter. Tika Panggabean, Dea Ananda, Ardina Rasti, Alyssa soebandono, Caroline zachrie, Tora Sudiro, Arie Dagienk, Desta Club 80s, dan masih banyak lagi.

Jadi, sebenarnya, apa fungsi Twitter? Pengguna Twitter bisa menggunakannya untuk mencari berita, “memantau” seseorang, memublikasikan diri, sampai berkomunikasi. Sebagai informasi tambahan, twit seseorang bisa dibalas dengan banyak cara: retweet, reply atau direct message. Bagian-bagian ini lebih baik diselami langsung dengan menjadi anggota Twitter! www.twitter.com

Namun, dari semua kehebatan Twitter, tentu kekurangannya sangat mudah dilihat. Twitter tidak bertanggung jawab atas apapun yang ditulis seseorang. Inilah yang bisa menjadi sumber masalah dimana kebanyakan dari kita tidak tahu bagaimana menulis untuk umum, bagaimana twit kita bisa menyinggung seseorang, atau bahkan sesuatu yang rahasia? Tetap berhati-hatilah menggunakan Twitter. Perhatikan baik-baik apa yang ada tulis, siapa yang Anda follow dan siapa yang follow Anda.

Kabar terakhir tentang Twitter baru saja terdengar adalah ada 310 dokumen korporat Twitter bocor. Salah satunya membicarakan tentang Twitter TV show??? Seperti kata Twitter “What are you doing?”

Twitter Journalism

17 Juli 09 bukan merupakan hari yang baik. Seperti semua menyesalkannya, hari itu meledak bom di 2 hotel ternama di bilangan Mega Kuningan. Media sangat siaga menanggapi kejadian tersebut seperti kita lihat 2 stasiun televisi bersaing mendapatkan berita yang lebih cepat, baru dan akurat. Kedua stasiun televisi tersebut memulai liputan sebelum ada tayangan langsung dari kejadian dengan menggunakan potongan gambar seperti dalam Google Earth zooming ke arah mega kuningan dengan memberi tanda dimana kedua hotel tersebut dalam peta.

Lalu, pada saat itu, apakah itu sudah berarti berita tercepat dan tepat? Mungkin tepat iya, tapi setelah kita menengok twitter, luar biasa apa yang bisa didapat dari situ. Di saat kedua stasiun televisi tersebut belum mendapatkan gambar, di twitter sudah terlihat 2 foto dari sudut berbeda foto kedua hotel tersebut! 30 menit berlalu, hadirlah foto Timothy Mackay, Direktur PT. Holcim yang menjadi korban, terduduk di rumput dengan sluruh tubuhnya bersimbah darah.

Ratusan twit (seruan) banjir dalam twitter dalam waktu yang sangat singkat. Semua bercerita, melaporkan, bertanya, sambil menunjukan simpati, amarah, dan bahkan mengutuk kejadian tersebut. Laporan juga hadir dengan foto, selain foto diatas, yang bahkan tidak akan disiarkan oleh stasiun televisi. Sampai lucunya, terlihat juga belum 2 jam kejadian, foto “guyon” hasil rekayasa iklan salah satu provider GSM dengan menampilkan pemain Manchester United yang terkena luka-luka. dengan latar belakang foto gedung yang meledak, atas sindiran batalnya kunjungan Manchester United ke Jakarta.

Begitu hebohnya diskusi tentang kejadian ini, para pengguna twitter sepakat untuk twit dengan menggunakan kata kunci “#indonesiaunite” yang bisa membuat kata tersebut sebagai kata terpopuler di dunia twitter selama 3 hari. Banyak juga pengguna twitter yang mengubah avatar (foto profil) mereka dengan merah putih, atau siluet merah putih, semua ini untuk menunjukan supportnya.
Inilah Twitter Journalism!

————————————–

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *